Sri Mulyani Beberkan Upaya Indonesia Keluar dari Tekanan Ekonomi Global

Kamis, 26 Maret 2020 23:14 Reporter : Dwi Aditya Putra
Sri Mulyani Beberkan Upaya Indonesia Keluar dari Tekanan Ekonomi Global Menteri Sri Mulyani. ©2020 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global untuk 2020 menjadi negatif, sehingga krisis tahun ini sama buruknya dengan krisis keuangan global.Meski demikian, IMF memperkirakan pemulihan bisa terjadi di 2021, jika virus corona dengan cepat ditangani.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, apa yang diperkirakan IMF tersebut memang bakal terjadi di tahun 2020. Terlebih saat ini hampir seluruh negara-negara berkembang telah terjangkit virus Corona atau Covid-19.

"IMF sampaikan negatif itu sudah pasti di 2020 masalahnya seberapa dalam dan seberapa lama dan tergantung dari kemampuan semua negara untuk melawan pelemahan ekonomi," kata dia, Kamis (26/3).

Sri Mulyani mengatakan, Indonesia sendiri merespons kondisi pelemahan ekonomi global dengan mengeluarkan berbagai kebijakan. Hal itu dilakukan agar ekonomi domestik tidak tertekan lebih jauh akibat adanya virus asal China itu.

"Untuk Indonesia kita akan lakukan instrumen bersama-sama dengan BI OJK dan seluruh instrumen di bidang ekonomi," kata dia.

1 dari 1 halaman

Upaya Sri Mulyani

mulyani rev1

Untuk meminimalisir dampak buruk dari penyebaran virus Corona ke ekonomi RI pemerintah sudah merelaksasi kebijakan moneter dan fiskal. Di mana saat ini sedang memfinalkan berbagai paket stimulus ekonomi.

"Saat ini kami sedang memfinalkan seluruh paket yang sudah disampaikan beberapa pihak dan KL pemda, untuk bisa formulasikan kebijakan fiskal yang tepat termasuk paket ketiga dan keseluruhan untuk bisa dukung penanganan covid-19," kata dia.

Di sisi lain pemerintah juga berencana untuk melebarkan defisit APBN. Hal itu dilakukan untuk menekan dampak buruk dari mewabahnya virus corona.

"Kita juga sudah bertemu dengan DPR untuk sampaikan apabila defisit di atas 3 persen maka kita akan lakukan relaksasi batasan tersebut. Ini sedang dilakukan oleh kita pemerintah Indonesia untuk meminimalkan kemungkinan dampak pelemahan ekonomi," tandas dia. [idr]

Baca juga:
Sri Mulyani: Walaupun Suasana Duka, Presiden Tetap Berpartisipasi di G20
Sri Mulyani: Semua Pimpinan Negara G20 Sepakat Perangi Covid-19
Tak Hanya Dana UN, Beberapa Anggaran Pemerintah juga Dialihkan untuk Tangani Corona
Pemerintah Buka Rekening Khusus Bagi Masyarakat Ingin Berdonasi Penanganan Corona
Menteri Sri Mulyani Siap Cari Utang Berbunga Rendah Jika Defisit 5 Persen Disetujui
Telah Disetujui, Sri Mulyani Minta Menkes Segera Cairkan Insentif Tenaga Medis

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini