Presiden Jokowi Ingatkan Pembangunan Manusia Harus Ditunjang Sarana dan Prasarana

Jumat, 21 Februari 2020 16:12 Reporter : Merdeka
Presiden Jokowi Ingatkan Pembangunan Manusia Harus Ditunjang Sarana dan Prasarana Jokowi resmikan pabrik tekstil di Riau. ©2020 Merdeka.com/Abdullah Sani

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan perlunya penyediaan sarana dan prasarana pendidikan. Sebab, fokus pemerintah pada pembangunan manusia 5 tahun mendatang, perlu dukungan dua hal tersebut.

"Saya tadi cek di sekolah (MTsN 3 Pekanbaru), ada toilet yang standarnya sudah minimal, saya cek airnya juga bagus. Karena 5 tahun ke depan kita ingin SDM dikembangkan, kalau tidak ada sarana dan prasarana tidak akan tercapai," tuturnya di Riau, Jumat (21/2).

Oleh karenanya, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong percepatan rehabilitasi sekolah yang belum memadai.

"Saya harap ini menjadi langkah awal dan pemerintah bisa terus melakukan rehabilitasi di sekolah lain," ujar Kepala MTsN 3 Pekanbaru, Darusman.

Adapun, pada 2019, pemerintah berhasil melakukan renovasi terhadap 1.671 sekolah dan madrasah, baik dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Untuk di Provinsi Riau sendiri, ada 164 sekolah yang telah direhabilitasi.

MTsN 3 Pekanbaru kini telah memiliki 28 ruang kelas, 3 laboratorium komputer, laboratorium IPA, laboratorium Bahasa, ruang pembinaan kompetisi sains dan ruang Bimbingan Konseling.

1 dari 1 halaman

Presiden Jokowi Resmikan Rehabilitasi MTsN 3 Pekanbaru

resmikan rehabilitasi mtsn 3 pekanbaru

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rehabilitasi Madrasah Tsanawiyah (MTsN) 3 Pekanbaru, Riau. Peresmian ini dilakukan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Riau dan jajaran pemerintah lainnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah meninjau progress rehabilitasi MTsN 3 Pekanbaru. Renovasi ini diperkirakan menghabiskan Rp14 miliar hanya untuk MTsN 3 Pekanbaru saja, yang termasuk dalam paket renovasi bersama dengan MtsN 1 Dumai senilai Rp4,3 miliar.

"Jadi biayanya itu Rp17,3 miliar, satu paket dengan MTsN di Dumai Rp4,3 miliar, ini (MTsN 3 Pekanbaru) Rp14 miliar," ujar Basuki kepada wartawan.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Nadiem Ungkap Sulit Berantas Radikalisme, Kekerasan Seksual dan Bullying di Sekolah
DPR Panggil Mendikbud Nadiem Bahas Pembayaran SPP Lewat GoPay
Dicecar DPR, Begini Jawaban Mendikbud Soal Bayar SPP Bisa Pakai GoPay
Blak-Blakan Nadiem Makarim Soal Gopay Bisa Layani Pembayaran SPP Sekolah
Potret Murid PAUD Belajar di Bangunan Nonpermanen
Google.org Gelontorkan Rp13,7 M Latih Kemampuan Komputasi 22.000 Guru di RI
Pencairan Rp9,8 T Dana BOS Tahap I Langsung ke Rekening 136.579 Sekolah Dipercepat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini