Pertama kali, diskon besar-besaran akan digelar di seluruh Indonesia

Senin, 17 Juli 2017 18:24 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Ilustrasi diskon. ©Shutterstock.com/Bikeworldtravel

Merdeka.com - Para pelaku industri ritel yang bergabung dalam Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) akan memberi diskon berskala nasional pada Agustus 2017, yaitu Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia). Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memberikan hadiah istimewa di Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72.

Acara akbar ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 15 Agustus 2017.

Untuk menjangkau masyarakat luas, HBD Indonesia akan diadakan di pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota di Indonesia, dari mulai mal modern, ruko hingga bandara pada 17-20 Agustus 2017. Selain itu, diselenggarakan festival belanja akbar bertajuk Happy Birthday Indonesia Festival yang dimeriahkan oleh beragam hiburan dan acara pada 15-27 Agustus 2017 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"HBD Indonesia akan menciptakan tren belanja baru di bulan Agustus. Jika sebelumnya pada bulan tersebut tren belanja konsumen diperkirakan mengalami penurunan, khususnya setelah Hari Raya ldul Fitri dan pada saat periode back to school berakhir, kini tidak lagi demikian. Selain itu, Agustus juga merupakan bulan bagi para wisatawan mancanegara datang ke Indonesia untuk liburan musim panas," kata Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo lduansjah di auditorium Gedung Kementerian Perdagangan, Senin (17/7).

Ketua Panitia HBD Indonesia, Fetty Kwartati mengatakan, HBD Indonesia ditargetkan akan menjadi festival belanja, kuliner, musik, hiburan ritel, terbesar di Indonesia yang diikuti oleh lebih dari 200 perusahaan yang mengelola 500 merek lokal dan internasional. Selain para peritel ternama, HBD Indonesia juga melibatkan partisipasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai wujud dukungan kami terhadap UKM.

"Festival belanja terbesar ini tidak hanya ditujukan untuk masyarakat Indonesia, melainkan juga diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara, dan masuk dalam agenda tahunan pariwisata Indonesia," ujarnya.

Penyelenggaraan HBD Indonesia mendapatkan dukungan positif dari sejumlah Kementerian, antara lain Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, asosiasi terkait, serta pemerintah daerah DKI Jakarta. Selain itu, HBDI juga didukung antara lain oleh Bank Mandiri.

Senior Vice President dari Bank Mandiri, Vira Widiyasari, menjelaskan Bank Mandiri mendukung penuh pelaksanaan HBD indonesia, dengan menyediakan berbagai kemudahan dan benefit tambahan untuk pengunjung dan nasabah Bank Mandiri. Nasabah dapat menikmati tambahan potongan harga menggunakan debit, kartu kredit, e-money dan e-cash, fiestapoin, cicilan bunga 0 persen hingga 12 bulan dengan menggunakan kartu kredit, dan masih banyak tambahan benefit lainnya.

"Bank Mandiri menjadi Bank Partner dalam acara ini yang akan memberikan berbagai layanan transaction banking guna memberikan kemudahan bertransaksi. Dengan 20 juta nasabah yang dimiliki oleh Bank Mandiri saat ini, diharapkan dapat meningkatkan event awareness," ujarnya.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menganggap HBD Indonesia merupakan hadiah bagi masyarakat di hari raya kemerdekaan di mana pengusaha mengurangi keuntungannya untuk memberikan diskon besar.

"Karena ini pertama kalinya serentak di Indonesia. Karena biasanya di satu malam di satu tempat saja di Jakarta. Ini yang kami berikan apresiasi, karena Indonesia bukan hanya Jakarta. Rekan kita dari daerah itu bisa juga menikmati belanja dengan potongan yang saya harap sama untuk membeli barang yang sama. Satu harga, biar ada rasa keadilan dan mereka merasakan bahwa kami bagian dari RI," pungkasnya. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Pesta Diskon
  2. Ekonomi Indonesia
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.