Peringkat daya saing RI naik, Menhub Budi tolak berpuas diri

Sabtu, 30 September 2017 15:15 Reporter : Syifa Hanifah
Peringkat daya saing RI naik, Menhub Budi tolak berpuas diri Budi Karya Sumadi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Peringkat daya saing Indonesia 2017 meningkat 5 posisi dari tahun lalu. Peringkat Indonesia saat ini berada di posisi 36. Hal ini dianggap positif oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi meski dirinya menolak berpuas diri.

"Saya bersyukur bahwasannya kita meningkat daya saing, tapi kita tidak boleh cepat berpuas diri," katanya usai menghadiri rapat Koordinasi Bidang Pariwisata Tingkat Nasional, di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9).

Menurutnya, salah satu faktor kenaikan daya saing Indonesia karena infrastruktur mulai memadai sehingga memudahkan investor untuk berinvestasi di Indonesia. Bukan hanya itu, perbaikan infrastruktur juga dapat meningkatkan turis untuk datang ke Indonesia.

"Contoh (bandara) Silangit, dia beralih menjadi bandara internasional, harus mendatangkan turis yang baik. Ini era yang baik," katanya.

Seperti diketahui, dilansir dari weforum.org, Kamis (28/9), korupsi masih menjadi permasalahan terbesar dalam kemudahan berusaha di Indonesia. Diikuti oleh ketidakefisienan birokrasi, akses ke pembiayaan, serta masih rendahnya ketersediaan infrastruktur.

"Sama seperti Korea, Indonesia telah memperbaiki kinerja sejumlah aspek dasar penilaian," tulis WEF.

Peringkat Indonesia ini didorong utamanya oleh kepemilikan pasar yang besar (berada di posisi 9) dan kestabilan makro ekonomi (berada di posisi 26). Sementara, Indonesia dianggap sebagai inovator tertinggi diantara negara berkembang.

"Indonesia menduduki peringkat 31 pada aspek inovasi dan 32 pada kepuasan berbisnis."

WEF juga mencatat Indonesia masih memiliki nilai rendah pada aspek kesiapan teknologi. Kondisi ketenagakerjaan Indonesia turut menjadi sorotan salah satunya akibat rendahnya keterlibatan perempuan dalam dunia kerja. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini