Pemerintah Rampungkan Peta Sawit Tahun Ini

Jumat, 20 September 2019 20:00 Reporter : Anggun P. Situmorang
Pemerintah Rampungkan Peta Sawit Tahun Ini Kelapa Sawit. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi mengenai kelapa sawit. Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Kehutanan Siti Nurbaya serta Kementerian Pertanian diwakili oleh Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono.

Kasdi mengatakan, pemerintah tengah membuat peta sawit untuk mengkoordinasi seluruh data lokasi perkebunan. Hal tersebut terkait Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2018 tentang penundaan dan evaluasi izin perkebunan kelapa sawit.

Dia memastikan peta sawit rampung paling lama tahun ini. Sampai saat ini, progres pembuatan peta sawit sudah rampung di tahap groundchecking.

"Groundcheck nya sudah selesai, tinggal satu kali rapat rekonsiliasi tinggal diumumkan," ujarnya saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/9).

Kasdi menjelaskan, data yang akan masuk dalam satu peta sawit ini adalah luas lahan, titik lokasi, dan nama pemiliknya. Sementara untuk usia perkebunan sawitnya akan dimasukkan secara bertahap.

"Sekarang soal usia perkebunannya belum masuk. Baru luas, titik, dan pemilik. Nanti kan ada surat tanda daftar budidaya. Semua mendasarkan pada satu data itu nanti," jelasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini