Pemerintah Optimis Tarik Lebih Banyak Wisatawan Lewat MICE

Senin, 11 Februari 2019 16:36 Reporter : Anggun P. Situmorang
Pemerintah Optimis Tarik Lebih Banyak Wisatawan Lewat MICE Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan strategi menarik wisatawan dalam jumlah besar melalui pariwisata berbasis Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE). Pariwisata berbasis MICE ini akan menjadi program lima tahun pemerintah.

"Intinya 5 tahun ke depan MICE akan kita dorong menjadi nilai tambah pariwisata. Karena 5 tahun ke depan target kita tidak lagi sekedar jumlah wisatawan tapi bagaimana pariwisata itu lebih inklusif," ujar Bambang di Grand Sahid, Jakarta, Senin (11/2).

Pemanfaatkan MICE untuk pariwisata akan mendatangkan devisa yang lebih besar. Sebab, sasaran wisatawan yang berkunjung nantinya tidak hanya peserta rapat tetapi juga warga negara asal tamu datang.

"Jadi, devisanya lebih besar dan yang menikmati itu adalah masyarakat yang terkait pariwisata. Tentunya proporsi MICE ke depan intinya Indonesia harus punya strategi MICE jenis apa yang harus kita adakan di Indonesia," jelasnya.

Adapun salah satu contoh MICE adalah gelaran Pertemuan Tahunan IMF-WB yang digelar pada 2018 di Bali. Gelaran ini bahkan mendatangkan wisatawan yang cukup besar ke Indonesia selain peserta pertemuan.

"MICE mau kita dorong menjadi quick win. Kenapa karena spending MICE itu minimum tiga kali lipat dari spending turis biasa. Dan juga orang-orang yang datang ke MICE dia bisa jadi influencer. Bisa jadi promosi gratis bagi pariwisata Indonesia ke depan," jelasnya.

Ke depan, pengembangan MICE akan langsung berada di bawah Kementerian Pariwisata. "Sehingga, biddingnya bisa dimulai lebih awal. Sekarang ini terus terang lebih jalan sendiri sendiri. Misalkan IWF-WB itu ide Kemenkeu dan BI pada waktu itu. Harusnya level MICE apalagi level seperti WB-IMF itu harus strategi nasional," jelasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini