Orang-orang yang mendadak kehilangan uang triliunan dalam hitungan jam

Senin, 30 Juli 2018 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Orang-orang yang mendadak kehilangan uang triliunan dalam hitungan jam Mark Zuckerberg. © Cnn.com

Merdeka.com - Nasib seseorang bisa berubah dalam sekejap, termasuk nasib seorang miliarder. Mereka bisa saja kehilangan hartanya yang berjumlah triliunan dalam waktu hitungan jam. Salah satu penyebab hilangnya sebagian harta mereka imbas dari bursa saham AS.

Hal yang sama juga dialami oleh indeks S&P yang tergelincir 10 persen dari level sebelumnya. Seperti dikutip merdeka.com dari berbagai sumber, berikut beberapa miliarder yang kehilangan uang triliunan rupiah karena pengaruh saham AS:

1 dari 4 halaman

Pendiri Amazon

Jeff Bezos. CNBC©2015

Jeff Bezos sempat menjadi orang terkaya nomor satu di dunia, mengalahkan Bill Gates. Namun posisinya tak bertahan lama, Jeff Bezos kehilangan uang triliunan rupiah karena nilai saham Amazon tergelincir. Kekayaan miliarder ini harus turun USD 2,6 miliar atau Rp 34,6 triliun dalam 90 menit, pada 28 Juli 2017.

Penurunan nilai saham tersebut merupakan respons pasar atas penurunan pendapatan perusahaan dalam kuartal II tahun 2017. Amazon melaporkan penurunan sebanyak 77 persen, yaitu pendapatan di angka USD 197 juta dengan penjualan sebesar USD 38 juta.

Angka ini jauh berbeda dibanding kuartal II tahun 2016. Kala itu, Amazon berhasil mengantongi pendapatan USD 857 juta. Penurunan pendapatan ini merupakan imbas dari akuisisi agresif yang dilakukan Amazon dalam beberapa bulan belakangan.

2 dari 4 halaman

Pendiri Facebook

Mark Zuckerberg. © Theguardian.com

Chairman dan CEO Facebook Mark Zuckerberg kehilangan USD 17 miliar atau Rp 244 triliun dari kekayaannya. Ini dikarenakan saham Facebook merosot hampir 20 persen, dan beberapa pemegang saham ingin pengaruh merosotnya saham Facebook terhadap perusahaan mereka berkurang.

Uang yang hilang dari CEO Facebook hanya seperlima dari kekayaan bersihnya, yang jatuh hingga mencapai angka USD 70 miliar. Kini posisi Zuckerberg sebagai pengusaha terkaya berada di posisi enam di Bloomberg Billionaires Index. Facebook menghadapi wipeout dalam sejarah pasar saham AS sebesar USD 150 miliar.

3 dari 4 halaman

Pendiri Berkshire Hathaway

Warren Buffett. Reuters.dok ©2012 Merdeka.com

Baru baru ini tokoh bisnis, investor, dan filantropis Amerika yang menjabat sebagai ketua dan CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett mengalami nasib sial. Sahamnya turun paling besar.

Orang terkaya ketiga di dunia ini kehilangan USD 5,3 miliar (Rp 76 triliun) atau turun 6 persen dalam satu hari. Saat ini, Buffett masih orang terkaya ketiga di dunia dengan kekayaan bersih sebesar USD 84,6 miliar.

4 dari 4 halaman

Pendiri Google

Larry Page. © Mashable.com

Bulan lalu pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, masing-masing kehilangan USD 2,2 miliar (Rp 31 triliun) karena saham perusahaan induk mereka, Alphabet, turun sebesar 5 persen. Pesona pendiri Oracle Larry Ellison juga turun sebesar USD 2,2 miliar. [has]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini