KKP: Masa Depan Laut Indonesia Ditangan Milenial

Sabtu, 12 Oktober 2019 13:06 Reporter : Merdeka
KKP: Masa Depan Laut Indonesia Ditangan Milenial Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak generasi muda (milenial) di Tanah Air untuk melirik usaha perikanan. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa laut merupakan masa depan bangsa Indonesia.

"Kami ingin membawa dunia perikanan menjadi dunia yang diminati anak muda," ujar Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) KKP Sjarief Widjaja seperti dilansir dari Antara (12/10).

Berbagai tayangan di televisi selama ini menampilkan stereotipe orang sukses adalah orang kantoran dengan dasi dan mobil mewah. Namun hal itu tidaklah selalu benar.

Orang sukses adalah mereka yang mampu mengelola kekayaan alam Indonesia baik di alam luas maupun lautan Nusantara. "Jadikan perikanan dunia yang menarik, dunia bagi anak muda," jelas Sjarief.

Sjarief menginginkan para orang tua dapat mengedukasi anak-anaknya untuk menjadi wirausahawan di dunia perikanan.

Saat ini adalah era Industri 4.0 dimana persaingan begitu ketat di berbagai sektor perekonomian untuk itu berbagai satuan pendidikan harus meningkatkan kualitas pendidikannya.

KKP mendorong lembaga pendidikan di bidang kelautan dan perikanan agar dapat melahirkan wirausaha perikanan yang dapat membantu mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Salah satu tantangan bagi lembaga pendidikan tidak lagi seberapa banyak lulusan lembaga pendidikan di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan tetapi berapa yang menjadi wirausaha di bidang kelautan dan perikanan."

Reporter Magang: Winda Ayu Lestari [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini