Intip Tips Sukses Jim Pattinson, Tetap Kaya Hingga Usia 90 Tahun

Sabtu, 8 Juni 2019 08:00 Reporter : Merdeka
Intip Tips Sukses Jim Pattinson, Tetap Kaya Hingga Usia 90 Tahun Ilustrasi orang kaya. ©shutterstock.com/Minerva Studio

Merdeka.com - Meskipun sudah berusia senja, namun Jim Pattinson masih bertahan pada status miliardernya pada usia 90 tahun. Bahkan perusahaannya, Jim Pattison Group menjadi perusahaan swasta terbesar kedua di Kanada dengan pendapatan lebih dari USD 7,5 miliar dengan 45 ribu staf.

Berdasarkan data Forbes, pada 7 Juni 2019, total kekayaan Jim Pattison sekitar USD 5,4 miliar atau sekitar Rp 76,97 triliun (asumsi kurs Rp 14.253 per dolar AS).

Dilahirkan pada masa great depression, miliarder Kanada ini memulai bisnisnya pada usia tujuh tahun untuk menjual bibit tanaman, dan juga sebagai pengantar koran. Bermula dari sana, saat ini dia sudah memiliki Great Wolf Lodge, Ocean Brands, Buy-Low Foods, dan Ripley's Believe It or Not.

Bahkan, dia juga memiliki usaha di bidang otomotif, periklanan, media, peralatan pertanian, makanan dan minuman, hiburan, real estat. Kesuksesan Pattison tentu membuat banyak orang bertanya-tanya bagaimana kakek tua ini bisa sukses hingga saat ini.

Berikut 6 tips yang dilakukan Pattinson agar sukses hingga usia senja dilansir laman Inc.

Lakukan yang Anda sukai

Pattison mengatakan setiap hari dia selalu bangun dalam keadaan bahagia, dan pergi tidur juga dalam bahagia. Dia juga mengungkap rahasia bahagia dengan melakukan apapun yang disukainya. Entah itu menjual mobil, membangun gedung, ya Pattison selalu mengerjakan hal-hal yang digemarinya.

Belajar dari setiap orang

Pattison memiliki begitu banyak teman mulai dari Reagans, bahkan Oprah Winfrey. Hal ini dilakukannya agar dia dapat belajar dari semua orang tentang hal-hal yang kurang dipahaminya. Dia merupakan sosok miliarder yang rendah hati, meskipun kaya tidak pernah menyombongkan dirinya.

Jujur

Miliarder ini percaya penjualan membutuhkan kejujuran total, kerja keras, dan fokus yang jelas. Dia menambahkan, jual sesuatu yang pelanggan butuhkan, bukan sesuatu yang hanya ingin Anda coba jual.

Reputasi adalah aset penting

Bagi Pattison kejujuran adalah nomor 1. Dengan selalu menjunjung nilai ini akan membawa reputasi baik bagi dirinya, dan hal ini yang terpenting bagi suatu bisnis yang akan dijalani.

Reputasi yang baik akan menjadi alasan bagi para konsumen untuk membeli produk yang akan dijual menurut Pattison.

Jangan takut melakukan perubahan

Bagi Pattison, semua perubahan mengarah pada peluang. Hal ini berarti semakin banyak hal yang berubah maka semakin banyak peluang sukses yang akan Anda raih. Pattison juga menambahkan jika saat ini dunia adalah tentang perubahan.

Beramal

Pattison selalu menyumbangkan lebih dari USD 100 juta ke rumah sakit setempat. Miliarder ini membagikan setidaknya 10 persen dari apa yang ia hasilkan sebelum menggunakan dan menghasilkan lebih banyak lagi.

Selain itu, Pattison juga memimpin Vancouver's Expo 86 (Pameran Dunia 1986) di kota asalnya selama enam tahun berturut-turut secara gratis alias tidak dibayar. Selama memimpin, dia telah berhasil menghasilkan lebih dari USD 2 miliar dan memberikan dampak ekonomi yang baik bagi kotanya.

Reporter: Ayu Lestari

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini