Ini alasan Bank Muamalat angkat anak BJ Habibie jadi komisaris utama

Minggu, 8 Juli 2018 16:02 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Ini alasan Bank Muamalat angkat anak BJ Habibie jadi komisaris utama muamalat. ekisonline.com

Merdeka.com - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk resmi mengangkat Ilham Habibie jadi komisaris utama perusahaan menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang oleh Anwar Nasution. Pengangkatan tersebut berdasarkan hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham tahunan (RUPST) akhir Juni lalu.

Direktur Utama Bank Muamalat, Achmad K Permana mengungkapkan, pengangkatan putra Presiden ke 3 RI tersebut didasarkan pada berbagai pertimbangan. Tidak hanya melihat sosok sang Ayah yaitu BJ Habibie namun juga melihat jaringan yang dimiliki oleh Ilham.

Permana menyebutkan bahwa Ilam memiliki hubungan yang cukup erat dengan salah satu pengendali Bank Muamalat, yaitu Islamic Development Bank (IDB).

"Yang menunjuk pemegang saham, dia bisa lebih membantu Muamalat ke depannya dengan profil beliau dan jaringan beliau. Apalagi Pak Ilham sering berhubungan dengan IDB dan dia paham banyak event dan moment," kata Permana saat ditemui dalam sebuah acara nonton bareng Piala Duni di Kawasan Kuningan, ditulis Minggu (8/7).

Permana tidak memungkiri, sosok sang Ayah yang melekat pada diri Ilham juga menjadi salah satu daya tarik dibalik pengangkatan tersebut. Pasalnya, BJ Habibie merupakan salah satu pendiri bank syariah pertama dan tertua di Indonesia tersebut.

Akan tetapi, Permana menegaskan pengangkatan tersebut murni pilihan para pemegang saham tanpa ada tekanan dari pihak manapun. "Ketika ditanya beliau salah satu alasan dia mengapa dia mau menerima tawaran itu adalah terus terang karena ada wasiat keluarga juga untuk membantu tapi tidak karena (titipan) Pak Habibie juga," ujarnya.

Selain Ilham, ada juga beberapa kandidat lain yang mumpuni. Namun pada akhirnya Ilham lah yang terpilih untuk ikut mengembangkan bisnis Bank Muamalat sebagai komisaris utama.

Sebagai informasi, sosok Ilham Habibie selama ini lebih dikenal sebagai pakar penerbangan di Indonesia. Pria berusia 55 tahun tersebut juga pernah menjabat sebagai Ketua Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia atau ICMI periode 2010-2015.

Ilham juga sempat dikenal sebagai Direktur Marketing PT Dirgantara Indonesia, setelah itu menjabat sebagai Ketua Dewan TIK Nasional, dan juga sebagai Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama, Presiden Direktur PT ILTHABI Bara Utama, CEO di PT ILTHABI Rekatama. Terakhir, Ilham juga pernah menjabat sebagai Komisaris di PT Pollux Barelang Mega Superblok Batam. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bank Muamalat
  3. Perbankan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini