Curhat Sopir Bus Mudik Lebaran 2019: Penghasilan Naik Hingga di Atas UMR

Kamis, 6 Juni 2019 14:34 Reporter : Anggun P. Situmorang
Curhat Sopir Bus Mudik Lebaran 2019: Penghasilan Naik Hingga di Atas UMR Menhub Tinjau Terminal Kampung Rambutan Lebaran 2019. ©2019 Merdeka.com/Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meninjau keberangkatan penumpang mudik Lebaran 2019 dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Dalam kesempatan tersebut, dia mengunjungi satu persatu kelengkapan terminal mulai dari pembelian tiket hingga Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Selain itu, Menhub Budi juga mengajak beberapa sopir bus dan kondektur untuk makan siang bersama. Para sopir menceritakan penghasilan mereka naik saat musim mudik Lebaran.

"Secara umum saya senang, memang hari Lebaran ini bagi pengemudi, saya sebut pahlawan transportasi. Kenapa, di tengah kita senang-senang mereka mengemudi. Kalau mereka tidak bekerja pasti kita punya problem besar," ujarnya di lokasi, Kamis (6/6).

"Oleh karena itu, saya ajak beberapa makan siang untuk menangkap aspirasi mereka. Apa yang mereka sampaikan, satu penghasilan mereka lumayan. Dia dapat Rp 200.000-250.000. Jadi mereka dapat di atas UMR," sambungnya.

Menhub Budi juga mendapat keluhan dari sopir, yakni selama puncak Lebaran terdapat kemacetan di beberapa titik. Meski demikian, para sopir memahami hal tersebut terjadi karena adanya peningkatan pengguna jalan Bandung-Jakarta dan sebaliknya.

"Disaat hari pertama kedua Lebaran 2019, lalu lintas agak sedikit macet tapi mereka paham karena lalulintas dari Jakarta-Bandung, Bandung-Jakarta tujuannya tidak beraturan," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini