Cegah Dampak Corona, Amartha Prioritaskan Keberlangsungan Sektor Ekonomi Informal

Kamis, 19 Maret 2020 19:26 Reporter : Dwi Aditya Putra
Cegah Dampak Corona, Amartha Prioritaskan Keberlangsungan Sektor Ekonomi Informal UMKM. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha memprioritaskan keselamatan dan keberlangsungan ekonomi masyarakat sektor usaha mikro informal atas ancaman perlambatan ekonomi imbas pandemi cirus corona atau covid-19.

Pendiri dan CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan situasi dan perkembangan Covid-19 secara cermat dan melakukan berbagai tindakan pencegahan guna memastikan pendananan dan usaha Mitra Amartha tidak terdampak.

Di mana, seluruh mitra Amartha merupakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan secara historikal sektor ini terbukti tangguh dan tidak terpengaruh dengan krisis ekonomi dunia. Hal ini tercermin dari meningkatnya rata-rata plafon per pinjaman yang disalurkan kepada Mitra Amartha di setiap minggunya hingga saat ini.

"Beberapa upaya yang dilakukan Amartha adalah memberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) Social Distancing, dalam Pertemuan Majelis tidak diperbolehkan untuk kontak fisik secara langsung baik kepada sesama Mitra maupun Petugas Lapangan Amartha, serta menjaga jarak kontak fisik minimal 1 meter dan mengganti berjabat tangan dengan Salam Namaste," ujarnya melalui keterangan resminya, Kamis (19/3).

Selain itu, Amartha juga memberlakukan sistem titip bayar dan melarang mitra Amartha untuk hadir di pertemuan majelis bagi yang sedang sakit atau menunjukkan ciri-ciri penderita Covid-19. Pembayaran angsuran dapat dilakukan dengan menitipkan angsuran pembayaran kepada Ketua Majelis.

"Amartha telah memberikan sosialisasi mengenai perkembangan Covid-19 dan edukasi gerakan pola hidup sehat, hygiene training yang meliputi langkah-langkah menjaga kebersihan diri dan kebersihan tempat usaha," tambah Taufan.

Baca Selanjutnya: Hentikan Perjalanan Dinas...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fintech
  3. UMKM
  4. Virus Corona
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini