10 Ide Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil, Bisa Dicoba bagi Pemula

Rabu, 13 Oktober 2021 07:42 Reporter : Mutia Anggraini
10 Ide Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil, Bisa Dicoba bagi Pemula Ilustrasi tahu walik. ©Shutterstock

Merdeka.com - Zaman semakin berkembang, begitu pula dengan daya kreativitas manusia. Karenanya, terdapat pula banyak kegiatan yang dapat memberikan dampak positif hingga keuntungan materi kepada manusia.

Jika Anda sedang kebingungan mencari ide usaha makanan unik dengan modal kecil, kini tak perlu risau. Terdapat beragam ide usaha makanan unik dengan modal kecil yang dapat dilakukan meski Anda tergolong sebagai pebisnis pemula sekalipun.

Meski cukup membutuhkan modal kecil, namun ide usaha tersebut juga membutuhkan keterampilan khusus dan spesifik. Namun, hal itu tak perlu dirisaukan, sebab keterampilan tersebut dapat serta merta diasah agar semakin baik.

Setelah memiliki keterampilan cukup, Anda pun dapat mulai menjalankan ide usaha makanan unik dengan modal kecil tersebut. Bahkan, jangan kaget jika ide usaha makanan unik dengan modal kecil itu secara tiba-tiba menghasilkan pendapatan yang fantastis bagi Anda.

Lantas, apa saja ide usaha makanan unik dengan modal kecil yang dapat dilakukan oleh siapa saja? Simak 10 ide usaha makanan unik dengan modal kecil yang berhasil merdeka.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

2 dari 4 halaman

1. Tahu Crispy

Ide usaha makanan unik dengan modal kecil yang pertama adalah tahu crispy. Tahu crispy merupakan salah satu jenis makanan ringan yang cukup banyak digemari berbagai kalangan usia.

Rasanya yang gurih ditambah tekstur renyah tahu yang dibalut dengan tepung tebal membuat banyak orang semakin ketagihan untuk melahapnya secara berulang kali.

Modal yang dibutuhkan untuk membuat usaha ini pun terbilang cukup murah, cukup menyediakan peralatan dapur yang memadai ditambah dengan tahu segar, minyak goreng, serta tepung bumbu.

2. Makaroni Pedas

Selanjutnya, ide usaha makanan unik dengan modal kecil yang patut dicoba adalah makaroni pedas. Meski terbilang cukup baru di dunia bisnis kuliner tanah air, namun makaroni pedas pun kini semakin banyak diminati kalangan anak muda.

Cukup jalankan usaha yang satu ini di lokasi-lokasi strategis. Misalnya, area sekolah ataupun kampus di kota Anda. Tak ada salahnya untuk mencoba ide bisnis yang satu ini.

makaroni bantet
cookpad.com 

3. Martabak

Jenis makanan yang masih memiliki banyak peminat dan tak lekang oleh waktu adalah martabak. Selain martabak telur dan manis, kini terdapat berbagai kreasi menarik dari jenis cemilan yang satu ini.

Caranya, cukup kembangkan daya kreativitas Anda untuk dapat menemukan racikan yang tepat untuk membuat martabak kekinian. Untuk modalnya, jangan diragukan lagi. Dengan pengeluaran yang kecil, Anda pun dapat meraup untung besar jika menekuni usaha yang satu ini.

4. Aneka Keripik

Ide usaha makanan unik dengan modal kecil yang berikutnya adalah aneka keripik. Keripik juga merupakan salah satu camilan yang banyak disukai berbagai kalangan usia, baik dari anak-anak hingga dewasa.

Anda dapat membuat keripik dari berbagai bahan utama seperti apel, pisang, singkong, hingga buah-buahan lainnya. Cara pengolahan serta persiapannya pun tak sesulit yang dibayangkan. Cukup olah keripik dengan bahan tambahan perisa seperti asin, pedas, barbeque, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

5. Jajanan Pasar

Meski zaman terus berkembang, namun terkadang ada banyak makanan tradisional yang masih digemari bahkan dicari peminatnya. Salah satunya yakni jajanan pasar yang melegenda.

Selain membuatnya sendiri, Anda juga dapat menjadi tempat penjualan aneka jajanan pasar. Cukup cari beberapa pembuat jajanan pasar terdekat yang rasanya sesuai dengan selera Anda sendiri. Setelah itu, jual kembali aneka jajanan pasar tersebut dan bersiap untuk mendapatkan untung berlipat.

6. Seblak

Makanan yang tak kalah menariknya untuk dijadikan ide usaha makanan unik dengan modal kecil adalah seblak. Seblak merupakan jenis makanan yang bercita rasa pedas namun tetap diminati banyak orang.

10 resep seblak kering pedas dan gurih sajian lezat menggugah selera
©2021 Merdeka.com

Modal untuk membuat usaha makanan yang satu ini pun tak mahal. Setelah beberapa waktu menekuni usaha makanan seblak, keuntungan berlipat pun dapat Anda miliki.

7. Aneka Gorengan

Selain itu, ide usaha makanan unik dengan modal kecil selanjutnya adalah aneka gorengan. Hingga saat ini, gorengan merupakan salah satu ide bisnis yang paling laku untuk dijual.

Untuk menjalankan ide bisnis yang satu ini, Anda pun tak memerlukan banyak keterampilan dan modal besar. Namun, Anda perlu menyesuaikan rasa dari aneka gorengan yang hendak dijual dengan selera calon pembeli di lingkungan tempat Anda berjualan.

4 dari 4 halaman

8. Roti Bakar

Ide usaha makanan unik dengan modal kecil berikutnya adalah roti bakar. Sama halnya dengan gorengan, roti bakar mungkin saat ini telah menjadi ide bisnis yang paling menjanjikan dan mudah untuk mencapai keuntungan.

Roti bakar pun juga dapat menjangkau lebih banyak konsumen lantaran dapat dinikmati berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kelebihan lainnya, Anda tak perlu keahlian khusus untuk menjual makanan yang satu ini.

9. Takoyaki

Ide usaha makanan unik dengan modal kecil yang berikutnya adalah takoyaki. Takoyaki yang merupakan makanan ringan asal Jepang ini memang sudah mulai menjamur di berbagai daerah.

ilustrasi takoyaki
©Flickr/Leng Cheng

Rasanya yang lezat serta gurih membuatnya cepat mendatangkan pembeli dan keuntungan berlipat. Anda terlebih dahulu harus berlatih untuk membuat takoyaki dalam waktu yang relatif singkat.

10. Singkong Keju

Terakhir, ide usaha makanan unik dengan modal kecil adalah menjual camilan singkong keju. Sama halnya dengan beberapa ide bisnis makanan lainnya, membuat singkong keju pun tak membutuhkan banyak keterampilan khusus.

Cukup goreng singkong yang telah dibumbui sebelumnya serta beri tambahan keju serta rasa-rasa lainnya. Dalam waktu sekejap, keuntungan pun dapat Anda raih dengan mudah.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini