Penjelasan Ilmiah Soal Sedikitnya Batasan Jumlah Sahabat yang Ideal

Senin, 11 Februari 2019 16:52 Reporter : Indra Cahya
Penjelasan Ilmiah Soal Sedikitnya Batasan Jumlah Sahabat yang Ideal ilustrasi sahabat. © fanpop.com

Merdeka.com - Berapa jumlah teman terdekat Anda? Tentu ada yang menjawab banyak, sedikit, atau bahkan hanya satu. Yang jelas, jumlah teman yang kita miliki telah dikondisikan oleh otak kita.

Melansir Lifehacker, antropolog Inggris Dr. Robin Dunbar jadi peneliti pertama yang menemukan bahwa seseorang sebenarnya hanya bisa mempertahankan hubungan dengan rata-rata 148 orang sepanjang hidupnya. Hal ini dipengaruhi dengan kemampuan otak untuk memproses begitu banyak informasi sosial yang kita terima.

Kira-kira 150 orang ini pun telah meliputi anggota keluarga dan kolega. Jadi, teman-teman dekat kita tentu hanya akan berjumlah sedikit.

Hal ini berdasarkan penelitian sang antropolog terhadap tingkah laku hewan, di mana makin besar otak hewan tersebut, makin besar kelompok sosialnya. Dunbar mengembangkan sebuah formula untuk mencari tahu rata-rata korelasi ini.

Lalu, ia mengaplikasikan penemuannya tersebut ke ukuran dari otak manusia dan menemukan bahwa kapasitas otak manusia hanya terbatas pada 150 orang teman.

Dalam penelitiannya, Dunbar mengidentifikasi adanya "lapisan teman" dalam lingkaran 150 orang tersebut. Ia menganalisis data ponsel dan menggunakan beberapa metode seperti seberapa banyak panggilan untuk menunjukkan kedekatan hubungan. Otak kita pada dasarnya akan 'menghalau' adanya orang masuk di lingkaran baru atau mungkin akan mengeliminasi yang telah lalu.

Hasilnya, lapisan terkecil yang merupakan orang terdekat, hanya berisi tiga hingga lima orang. Lapisan selanjutnya berisi hingga 10 orang, lapisan selanjutnya 35 orang tambahan, dan lapisan akhir adalah 100 orang tambahan.

Lapisan pertemanan ini disebut memiliki hasil tak berbeda ketika diterapkan antara orang berkepribadian introvert ataupun ekstrovert. Meskipun diasumsikan bahwa ekstrovert memiliki lebih banyak teman, lapisan pertemanan ini akan berkisan sama antar dua kepribadian.

Nah, riset yang sama sepertinya digunakan oleh jejaring sosial Path dalam menentukan batas jumlah teman yang ditentukan, yakni 150. Sebelum akhirnya diperbanyak menjadi 500 dan akhirnya kini telah tutup.

Apakah lingkar pertemanan Anda sudah sesuai? [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Sains
  2. Penelitian Ilmiah
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini