Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Cara Meningkatkan Motivasi Kerja agar Lebih Semangat dan Produktif
Cara Meningkatkan Motivasi Kerja agar Lebih Semangat dan Produktif

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja agar Lebih Semangat dan Produktif

Motivasi adalah kekuatan pendorong yang memicu seseorang melakukan sesuatu yang dibutuhkan atau diinginkan.

Cara meningkatkan motivasi kerja perlu diketahui setiap orang.

Motivasi adalah kekuatan pendorong yang memicu seseorang melakukan sesuatu yang dibutuhkan atau diinginkan. Seperti tenggorokan yang kering memotivasi Anda untuk minum segelas air untuk menenangkan rasa haus.

Seperti itu pula motivasi kerja. Anda terdorong untuk bekerja oleh suatu hal yang menjadi motivasi Anda. Bisa jadi motivasi tersebut adalah mengumpulkan uang untuk liburan, membangun rumah, menikah, dan masih banyak lagi hal yang dapat menjadi motivasi kerja bagi seseorang.

Dengan demikian, dapat dikatakan motivasi adalah kekuatan yang memacu seseorang untuk bertindak dan menyelesaikan segala sesuatunya. Berikut beberapa hal menarik tentang motivasi kerja yang penting untuk dibahas.

merdeka.com

Apa Itu Motivasi Kerja?

Apa Itu Motivasi Kerja?

Mengutip APA Dictionary of Psychology, motivasi kerja adalah
keinginan atau kesediaan untuk berusaha dalam pekerjaannya.

Faktor motivasi dapat mencakup gaji dan tunjangan, keinginan akan status dan pengakuan, rasa berprestasi, hubungan dengan rekan kerja, dan perasaan bahwa pekerjaannya berguna atau penting.

Ada berbagai macam teori motivasi kerja, di antaranya teori eksistensi, keterkaitan, dan pertumbuhan, model karakteristik pekerjaan, model motivasi Porter-Lawler, teori valensi-instrumentalitas-harapan, dan teori motivasi kerja dua faktor.

Sementara itu, motivasi kerja juga dapat mengacu pada dorongan manusia untuk bekerja guna mendapatkan imbalan dari pekerjaan itu, baik imbalan bersifat fisik, emosional, sosial, atau uang.

Penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja bervariasi menurut usia, psikologi, individu, dan seringkali berkaitan dengan kemampuan dan faktor lingkungan. Misalnya, ada orang yang bekerja karena alasan uang (motivasi ekstrinsik), ada pula yang bekerja karena mencintai pekerjaan, misi perusahaan, atau alasan intrinsik lainnya (motivasi intrinsik).

Pentingnya Motivasi Kerja

Secara garis besar, pentingnya motivasi kerja dapat terlihat dengan cukup gamblang.
Motivasi kerja membuat karyawan menjadi lebih produktif dan efektif dalam menjalankan pekerjaannya.

Selain efektivitas tim, motivasi kerja juga terbukti penting mendorong retensi dan meningkatkan budaya perusahaan. Motivasi kerja juga sangat dipengaruhi oleh karakteristik budaya tertentu.

Sebagai contoh, tingkat motivasi kerja yang lebih tinggi dapat ditemukan di negara-negara yang mempunyai orientasi jangka panjang. Adanya satu tujuan bersama antara pemerintah dan masyarakat menciptakan regulasi yang pada akhirnya memotivasi pekerja sekaligus masyarakat untuk mematuhi dan mencapainya secara kolektif.


merdeka.com

Pentingnya Motivasi Kerja untuk Perusahaan

Pentingnya Motivasi Kerja untuk Perusahaan

Motivasi kerja sangat penting dimiliki para pekerja. Berikut pentingnya motivasi kerja untuk perusahaan, antara lain:

1. Untuk memenuhi dan melampaui tujuan perusahaan.
Tanpa tempat kerja yang termotivasi, perusahaan akan kesulitan memenuhi janjinya kepada pelanggan serta karyawan, gagal menjalankan operasional sehari-hari, dan membiarkan peluang di masa depan hilang begitu saja.

2. Produktivitas yang lebih tinggi.
Karyawan yang bahagia memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Peningkatan kepuasan karyawan dapat membawa pertumbuhan positif bagi perusahaan.

3. Kualitas.

Kualitas meningkat ketika pekerja lebih bangga dengan pekerjaan mereka.

4. Keterikatan.

Karyawan yang termotivasi sering kali terhubung secara emosional dengan perusahaan mereka. Karyawan yang terhubung secara emosional memiliki kemungkinan 3 kali lebih besar untuk loyal.

5. Pelanggan/stakeholder yang senang.
Pekerja akan melakukan upaya ekstra untuk menghasilkan lebih banyak keluaran dan solusi yang lebih baik apabila mereka memiliki motivasi dalam bekerja.

6. Karyawan yang berkomitmen dan berpengalaman.
Tempat kerja yang termotivasi akan menghasilkan tingkat retensi staf yang lebih tinggi dan penurunan pergantian karyawan.


Pentingnya Motivasi Kerja untuk Individu

1. Efikasi diri dan keyakinan terhadap kemampuan untuk berhasil dalam tugas pekerjaan yang menantang.

2. Peningkatan proaktif dan kreativitas.

3. Optimisme dan atribusi positif terhadap masa depan karier atau perusahaan.

4. Harapan dan mengarahkan jalan menuju tujuan kerja dalam menghadapi hambatan.


5. Ketahanan di tempat kerja dan bangkit kembali dari situasi buruk.

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja agar Lebih Semangat dan Produktif

Kata-kata Motivasi Kerja Agar Lebih Semangat

1. Sukses bukanlah kebetulan, ia terbentuk dari kerja keras, ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan yang paling penting yaitu cinta akan hal yang sedang atau ingin kamu lakukan.

2. Setiap orang punya jatah gagal, habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda.

3. Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan.- Colin Powell

4. Gagal itu makanan sehari-hari. Itu biasa, yang penting bagimana (kamu) menyikapinya. Evaluasi. Bangkit. Gagal lagi? Bangkit lagi!

5. Terima tanggung jawab dalam hidupmu. Ketahuilah bahwa kamu lah yang akan membawa dirimu ke mana kamu ingin pergi, bukan orang lain. (Les Brown)

6. Kesuksesan bersumber dari perbuatan. Orang yang sukses terus melakukan usaha. Orang sukses bahkan membuat kesalahan, namun mereka tidak berhenti usaha. (Cobrad Hilton)

7. Dorong dirimu sendiri, karena tidak ada orang lain yang akan melakukannya untukmu.

8. Bekerja keraslah dalam kesunyian, biarkan kesuksesanmu menjadi kebisingan.

9. Bekerjalah seperti ada seseorang yang bekerja dua puluh empat jam sehari untuk mengambilnya darimu.

10. Pemimpin terbesar belum tentu orang yang melakukan hal-hal terbesar. Dia adalah orang yang membuat orang-orang melakukan hal-hal terbesar. - Ronald Reagan

11. Penghargaan paling tinggi bagi seorang pekerja keras bukanlah apa yang dia peroleh dari pekerjaan itu, tapi seberapa berkembang ia dengan kerja kerasnya itu. (John Ruskin)

12. Tanpa bekerja, semua kehidupan akan membusuk. Tetapi ketika bekerja tanpa jiwa, maka kehidupan akan tercekik dan mati. (Albert Camus)

13. Bekerjalah saat waktunya bekerja, bermainlah saat waktunya bermain. Hal tersebut adalah aturan dasar dari kedisiplinan diri yang represif. (Theodor Adorno)

14. Bekerjalah 2 atau 3 kali lebih banyak dari orang lain, karena usaha tidak pernah membohongi hasil.

15. Tak peduli seberapa keras kamu bekerja, tidak akan ada yang berhasil tanpa pertolongan Allah. Maka bantulah dirimu dengan meminta pertolongan kepada Allah. (Abdul Bary Yahya)

16. Cara terbaik untuk menghargai pekerjaanmu adalah membayangkan dirimu tanpa pekerjaan.

17. Setiap kali kamu ragu seberapa jauh kamu bisa, ingatlah seberapa jauh kamu telah berusaha.

18. Rahasia untuk maju adalah memulai. Rahasia memulai adalah memecah tugas rumit yang luar biasa menjadi tugas-tugas kecil yang dapat dikelola.

19. Lihatlah hal positif setiap harinya, walaupun terkadang kita harus melihat dan bekerja lebih keras untuk mendapatkannya.

Kata-kata Motivasi Kerja yang Inspiratif dan Penuh Makna

20. Tahapan untuk meraih kesuksesan itu panjang. Dari persiapan, percobaan, ujian dan kemenangan.

21. Kewajiban kita hanyalah bekerja. Kewajiban rezeki ialah mengejar kita, bukan kita yang mengejar rezeki.

22. Jadikan siang hari sebagai puncak semangat kerjamu. Malam hari sebagai puncak dari doa-doamu.

23. Jangan lupa untuk selalu memohon rezeki dari Allah. Bekerja hanyalah upaya untuk mendapatkannya.

24. Jika hati telah diberikan sepenuh pasrah, maka yang tersisa hanya takdir di ujung kisah.

25. Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup. 


Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

Ada beberapa cara meningkatkan motivasi kerja yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Menyediakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Salah satu cara meningkatkan motivasi kerja adalah menyediakan lingkungan kerja yang nayaman dan aman. Lingkungan kerja yang nyaman dapat membantu karyawan merasa tenang saat bekerja. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

2. Selalu Berpikir Positif
Selalu berpikir positif saat bekerja bisa meningkatkan motivasi diri sendiri. Dengan berpikir positif, Anda akan menjadi pribadi yang kreatif dan mampu mengungguli persaingan dalam dunia kerja atau bisnis.

3. Fokus pada Proses, Bukan Hasil
Cara meningkatkan motivasi kerja berikutnya adalah fokus pada proses, bukan hasil. Meski Anda tidak mendapatkan hasil yang sesuai ekspektasi, proses yang Anda jalani sudah memberikan banyak wawasan baru dan pengalaman berharga untuk masa depan.

4. Memberikan Penghargaan

Cara meningkatkan motivasi kerja selanjutnya adalah memberikan penghargaan. Penghargaan yang diberikan bisa berupa bonus, sertifikat, atau hadiah lainnya. Dengan begitu, pekerja akan lebih semangat dan produktif saat bekerja.

Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Produktivitas


Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan produktivitas kerja. Motivasi kerja dapat mendorong dan semangat kerja karyawan.

Selain itu, motivasi kerja sangat penting bagi perusahaan karena motivasi berperan sebagai penggerak karyawan untuk melaksanakan tugas mereka dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal bagi perusahaan. 

Motivasi kerja merupakan bagian yang berfungsi sebagai alat untuk pencapaian tujuan atau sasaran yang ingin dicapai. Motivasi kerja yang diberikan kepada seseorang hanya efektif manakala di dalam diri seseorang itu memiliki kepercayaan untuk maju dan berhasul dalam organisasi.

Kata-Kata Motivasi Kerja untuk Tingkatkan Semangat, Ketahui Peran Pentingnya
Kata-Kata Motivasi Kerja untuk Tingkatkan Semangat, Ketahui Peran Pentingnya

Motivasi kerja sangat penting dimiliki agar tak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kata-kata Motivasi untuk Diri Sendiri, Inspiratif dan Bikin Semangat
Kata-kata Motivasi untuk Diri Sendiri, Inspiratif dan Bikin Semangat

Kata-kata motivasi untuk diri sendiri cocok untuk kamu yang sedang dilanda masalah.

Baca Selengkapnya icon-hand
35 Kata-kata Bijak Hidup adalah Perjuangan dan Kerja Keras, Inspiratif dan Penuh Makna
35 Kata-kata Bijak Hidup adalah Perjuangan dan Kerja Keras, Inspiratif dan Penuh Makna

Kata-kata bijak hidup adalah perjuangan dapat menjadi motivasi tersendiri bagi Anda.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kata-Kata Motivasi Belajar Penuh Makna, Berikan Semangat dan Tekad Kuat
Kata-Kata Motivasi Belajar Penuh Makna, Berikan Semangat dan Tekad Kuat

Motivasi belajar harus terus ditingkatkan untuk mencapai kesuksesan.

Baca Selengkapnya icon-hand
80 Kata-kata Inspiratif Pengusaha Muda, Beri Motivasi Pantang Menyerah dan Giat Berusaha
80 Kata-kata Inspiratif Pengusaha Muda, Beri Motivasi Pantang Menyerah dan Giat Berusaha

Butuh semangat dan motivasi untuk berbisnis? Para pegiat bisnis wajib simak kata-kata inspiratif pengusaha muda berikut ini.

Baca Selengkapnya icon-hand
50 Kata-kata Motivasi Belajar, Cara Ampuh Tingkatkan Motivasi Belajar
50 Kata-kata Motivasi Belajar, Cara Ampuh Tingkatkan Motivasi Belajar

Merdeka.com merangkum 50 kata-kata motivasi belajar yang ampuh untuk meningkatkan motivasi belajar anak.

Baca Selengkapnya icon-hand
50 Kata-Kata Motivasi Berjuang untuk Hidup Lebih Baik & Sehat, Penuh Kekuatan
50 Kata-Kata Motivasi Berjuang untuk Hidup Lebih Baik & Sehat, Penuh Kekuatan

Kata-kata motivasi berjuang untuk hidup lebih baik dan sehat dapat menjadi motivasi tersendiri.

Baca Selengkapnya icon-hand
50 Kata-Kata Motivasi Belajar, Tingkatkan dan Bakar Rasa Semangatmu untuk Jadi Pribadi dengan Banyak Ilmu
50 Kata-Kata Motivasi Belajar, Tingkatkan dan Bakar Rasa Semangatmu untuk Jadi Pribadi dengan Banyak Ilmu

Kata-kata motivasi belajar menjadi stimulus untuk anak agar bisa meningkatkan minat mereka dalam belajar.

Baca Selengkapnya icon-hand
80 Kata-Kata Motivasi Belajar di Tengah Rasa Malas & Lelah, Bakar Semangat Kejar Mimpi
80 Kata-Kata Motivasi Belajar di Tengah Rasa Malas & Lelah, Bakar Semangat Kejar Mimpi

Berikut kata-kata motivasi belajar di tengah rasa malam dan lelah yang mampu membakar semangat mengejar mimpi.

Baca Selengkapnya icon-hand
SEMENIT PAHAM: Provinsi Paling Bahagia di Indonesia, Cocok Buat Menikmati Pensiun
SEMENIT PAHAM: Provinsi Paling Bahagia di Indonesia, Cocok Buat Menikmati Pensiun

Yogyakarta menjadi provinsi dengan tingkat hidup paling tinggi. Dibuktinya dengan banyaknya lansia yang masih hidup bahagia di provinsi ini.

Baca Selengkapnya icon-hand

Baca Juga