Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bacaan Doa Yasin, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Bacaan Doa Yasin, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Bacaan Doa Yasin, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Surat Yasin adalah salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memiliki keutamaan dan keistimewaan tertentu dalam tradisi Islam.

Doa Yasin bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim setelah membaca surah Yasin.

Surat Yasin adalah salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memiliki keutamaan dan keistimewaan tertentu dalam tradisi Islam.

Surat ini termasuk dalam juz ke-22 dan terdiri dari 83 ayat. Yasin adalah salah satu surat yang sering dibaca oleh umat Islam, terutama dalam acara-acara keagamaan atau ketika seseorang sedang sakit atau meninggal dunia.

Surat Yasin memiliki nilai keagamaan yang sangat tinggi, dan banyak hadis Nabi Muhammad SAW yang merinci keutamaan membaca dan mendengarkan Surat Yasin.

Surat Yasin memuat berbagai pesan, antara lain mengenai keesaan Allah, kenabian, kehidupan akhirat, dan berbagai tanda kebesaran Allah dalam penciptaan alam semesta.

Banyak umat Islam meyakini bahwa membaca Surat Yasin membawa berbagai keberkahan dan kebaikan, termasuk mendatangkan ketenangan pikiran, keselamatan dari azab kubur, serta mendatangkan rahmat dan ampunan Allah.  

Setelah membaca surah Yasin, umat Islam dianjurkan membaca doa. Berikut doa Yasin dan artinya yang merdeka.com lansir dari berbagai sumber:

Bacaan Doa Yasin, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Doa Yasin dan Artinya

ALLAHUMMA INNA NASTAHFIDZHUKA WA NASTAUDI’UKA DIINANA WA ANFUSANAA WA AHLANAA WA AULAADANAA WA AMWAALANAA WA KULLA SYAI’IN A’THAITANAA.

ALLAHUMMAJ’ALNAA FII KANAFIKA WA AMAANIKA WA JIWAARIKA WA ‘IYAADZIKA MIN KULLI SYAITHAANIM MARIID WA JABBAARIN‘ ANIID WA DZII ‘AININ WA DZII BAGHYIN WA MIN SYARRI KULLI DZII SYARRIN INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI’IN QADIIR.

ALLAHUMMA JAMILNAA BIL’AAFIYATI WAS SALAAATI WA HAQQIQNAA BIT TAQWAA WAL ISTIQAAMATI WA A’IDZNAA MIN MUUJIBAATIN NADAAMATI

ALLAHUMMAGHFIRLANAA WA LI WAALIDIINA WA LI AULAADINAA WA LI MASYAA-YIKHINAA WA LI IKHWAANIAA FIDDIINI WA LI ASHHAABINAA WA AHBAABINAA WA LIMAN AHABBANAA FIIKA WA LIMAN AHSANA ILAINAA WA LIL MUKMINIINA WAL MUKMINAATI WAL MUSLIMINIINA WAL MUSLIMAATI YA RABBAL ‘AALAMIIN.

WASALLALHUMMA ALAABDIKA WARASU LIKASAIYADINAA WAMAILANAA MUHAMMADIN WA ALA LIHI WASABIHI WASALLAM

WARZUQNAA KAMAALAL MUTAABA’ATI LAHU ZAAHIRAN WA BAATHINAN FII ‘AAFIYATIN WA SALAAMATIN BIRAHMATIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIIN.

WA SHALLILAAHUMMA ‘ALAA ‘ABDIKA WA RASUULIKA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHI WA SHAHBIHI WA SALLIM.


Arti doa Yasin:

“Ya Allah, kami memohon penjagaan-Mu dan menitipkan kepada-Mu agama kami, dari kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta benda kami, dan apa saja yang telah engkau berikan kepada kami.”

“Ya Allah, semoga engkau menjadikan kami dalam penjagaan, tanggungan, kedekatan dan perlindungan-Mu dari godaan setan yang menggoda, orang yang kejam, zalim dan durhaka, dan dari kejahatan penjahat, sesungguhnya engkau adalah maha kuasa atas segala sesuatu.”

“Ya Allah, baguskanlah kami dengan kesehatan dan keselamatan, dan sejatikanlah kami dengan takwa dan istiqamah, jagalah kami dari penyesalah, karena sesungguhnya Engkau maha mendengarkan doa. Ya Allah ampunilah kami, kedua orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudara kami seagama, sahabat-sahabat kami, kekasih-kekasih kami, orang yang mengasihi kami karena Engkau, dan kepada siapa saja yang berbuat baik kepada kami, orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan dan orang-orang yang beragama Islam laki-laki dan perempuan, wahai Tuhan semesta alam.”

“Dan limpahkan kepada kami kesempurnaan mengikutinya lahir dan batin, dalam keadaan sehat dan selamat dengan rahmat-Mu wahai sebaik-baik Penyayang dari para penyayang.”

“Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada hamba dan utusan-Mu. Yaitu junjungan kami Nabi Muhammad saw. beserta para keluarga dan sahabatnya.”


merdeka.com

Keutamaan Surat Yasin

Keutamaan Surat Yasin

Surat Yasin memiliki banyak keistimewaan, di antaranya:

Surat Yasin Disebut Jantung Al-Qur'an

Surat Yasin adalah salah satu surat Al-Qur'an yang memiliki keutamaan istimewa, bahkan disebut sebagai jantung Al-Qur'an. Rasulullah SAW mengatakan bahwa siapa pun yang membaca Surat Yasin, maka ia akan mendapatkan pahala seperti membaca Al-Qur'an sepenuhnya.

Hadis lain juga menyebutkan bahwa Surat Yasin dapat memberikan perlindungan bagi pembacanya, serta membantu dalam memudahkan urusan dan menghilangkan kesulitan.

Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk membacakan Surat Yasin bagi orang-orang yang telah wafat. Hal ini dikarenakan Surat Yasin memiliki keistimewaan untuk memberikan syafa'at bagi orang yang telah meninggal, serta memberikan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

Inti dari Surat Yasin adalah sebagai obat dalam urusan yang sulit, baik dalam urusan duniawi maupun urusan akhirat. Dengan membaca Surat Yasin, seseorang dapat memperoleh kemudahan dan rahmat dari Allah SWT dalam menjalani kehidupan.

Pahala Membacanya Setara dengan Membaca Al-Qur'an Sepuluh Kali

Surat Yasin memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa membaca surat Yasin setara dengan membaca Al-Qur'an sepuluh kali.

Hal ini menunjukkan betapa besar pahala yang didapatkan ketika membaca surat Yasin.

Dalam surat ini, Allah SWT menjelaskan tentang kebesaran-Nya, kebangkitan setelah kematian, serta ancaman bagi orang-orang kafir.

Oleh karena itu, membaca surat Yasin tidak hanya mendatangkan pahala yang besar, tetapi juga dapat membantu umat muslim untuk memperkuat keimanan dan keyakinan mereka terhadap kehidupan akhirat.

Dengan demikian, surat Yasin menjadi salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memiliki nilai penting dalam menuntun umat muslim menuju kehidupan yang lebih baik di dunia maupun di akhirat.


3. Memberi Ampunan Dosa Apabila Dibaca Malam Hari

Salah satu keutamaan membaca Surat Yasin pada malam hari adalah bahwa Rasulullah SAW menyebutkan bahwa siapa pun yang membaca Surat Yasin pada malam hari, akan diampuni dosa-dosanya.

Hal ini sesuai dengan hadis sahih yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.


Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membaca Yasin di malam hari, maka diampuni dosanya."

Hadis ini menunjukkan bahwa membaca Surat Yasin pada malam hari memiliki keutamaan dan dampak yang besar terhadap ampunan dosa seseorang pada keesokan harinya.

Niat yang ikhlas dalam membaca ayat-ayat suci Al-Quran pada malam hari juga dapat memperkuat hubungan seseorang dengan Allah SWT, sehingga dosa-dosanya pun diampuni.

Surat yang Dibacakan untuk Orang-Orang yang Telah Wafat

Surat Yasin adalah surat dalam Al-Quran yang sering dibacakan untuk orang-orang yang telah wafat. Sebaiknya surat ini dibacakan setelah jenazah dimakamkan atau setelah halat jenazah.

Tujuan dari membacakan Surat Yasin adalah untuk memberikan keberkahan, ampunan, dan ketenangan bagi orang yang telah meninggal.

Keutamaan membacakan Surat Yasin untuk orang yang telah wafat adalah untuk membantu membebaskan rohnya dari siksa kubur, memberikan rahmat dan perdamaian, serta menjaga agar rohnya tenang di alam kubur.

Manfaatnya adalah sebagai doa dan amal kebaikan bagi orang yang telah meninggal, sehingga bisa menjadi bekal yang baik di akhirat. Cara membacakan Surat Yasin untuk orang yang telah wafat adalah dengan memulainya dengan niat dan doa untuk orang yang telah meninggal, kemudian membacakan suratnya dengan khusyuk dan penuh keyakinan.

Dianjurkan untuk Dihafal Umat Nabi Muhammad SAW

Surat Yasin dianjurkan untuk dihafalkan oleh umat Nabi Muhammad SAW karena memiliki pentingnya yang besar dalam meningkatkan keimanan umat muslim.

Menghafal Surat Yasin dapat membantu umat muslim untuk lebih mendalami makna dan ajaran yang terkandung dalam surat ini, sehingga dapat menguatkan keyakinan dan kecintaan terhadap Al-Quran sebagai petunjuk hidup.

Dengan menghafal Surat Yasin, umat muslim juga akan lebih mudah mengingat dan membaca surat ini dalam kegiatan sehari-hari, sehingga dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Salah satu hadis yang mendorong untuk menghafal Surat Yasin adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa yang membaca surah Yasin di malam Jumat, Allah akan mengampuni dosanya." 

Doa setelah Yasinan Latin dan Artinya, Baik untuk Diamalkan

Doa setelah Yasinan Latin dan Artinya, Baik untuk Diamalkan

Surat Yasin berisikan tentang hukuman bagi orang-orang kafir.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Setelah Sholat Tasbih dalam Bahasa Arab dan Latin Beserta Dalil dan Keutamaanya

Bacaan Doa Setelah Sholat Tasbih dalam Bahasa Arab dan Latin Beserta Dalil dan Keutamaanya

Simak bacaan doa setelah sholat tasbih berikut ini lengkap dengan dalil dan keutamaanya.

Baca Selengkapnya
Doa Yasin Latin dan Keutamaannya, Perlu Diketahui

Doa Yasin Latin dan Keutamaannya, Perlu Diketahui

Doa Yasin memiliki banyak manfaat kebaikan bagi umat muslim.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Doa Tayamum, Lengkap Beserta Arti dan Tata Caranya

Bacaan Doa Tayamum, Lengkap Beserta Arti dan Tata Caranya

Tayamum adalah salah satu praktik dalam agama Islam yang digunakan sebagai pengganti wudhu.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Buat Orang Sakit Agar Lekas Sembuh Menurut Syariat Islam Beserta Artinya

Bacaan Doa Buat Orang Sakit Agar Lekas Sembuh Menurut Syariat Islam Beserta Artinya

Simak bacaan doa buat orang sakit berikut menurut syariat Islam untuk memohon kesembuhan beserta artinya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Sholat Tahajud,  Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya

Bacaan Doa Sholat Tahajud, Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya

Doa sholat tahajud bisa dibaca dan diamalkan setelah menunaikan ibadah sunnah ini.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Nisfu Syaban Setelah Baca Yasin Lengkap Beserta Latin & Artinya

Bacaan Doa Nisfu Syaban Setelah Baca Yasin Lengkap Beserta Latin & Artinya

Berikut bacaan doa Nisfu Syaban setelah baca Yasin lengkap beserta latin dan artinya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Sahur Lengkap dan Keutamaannya, Patut Diketahui

Bacaan Doa Sahur Lengkap dan Keutamaannya, Patut Diketahui

Doa sahur berupa bacaan niat yang penting dilafalkan agar puasa menjadi sah.

Baca Selengkapnya
Doa Akhir Tahun 2023 dalam Islam, Lengkap beserta Arti dan Keutamaannya

Doa Akhir Tahun 2023 dalam Islam, Lengkap beserta Arti dan Keutamaannya

Doa akhir tahun 2023 dalam Islam ini berisi tentang harapan di masa mendatang agar lebih baik dan penuh berkah.

Baca Selengkapnya