Ternyata, ini dia dampak depresi pada tubuh pria dan wanita

Senin, 17 Juli 2017 18:28 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
ilustrasi depresi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Daniel Schweinert

Merdeka.com - Saat stres mengambil alih hidupmu dan tidak kamu tanggulangi dengan baik, maka stres bisa berubah menjadi depresi. Umumnya, depresi akan membuat seseorang baik pria maupun wanita menjadi lebih murung, mudah sedih, hingga kehilangan akal sehat.

Dilansir dari boldsky.com, sebuah penelitian menemukan dampak spesifik dari depresi pada tubuh pria dan wanita.

"Secara umum, wanita lebih rentan terkena depresi dibandingkan dengan pria karena perbedaan fisiologis, fluktuasi hormon, serta faktor genetik," ungkap Jie-Yu Chuang, peneliti dari University of Cambridge.

"Namun saat diteliti lebih lanjut terdapat perbedaan dampak depresi pada pria dan wanita. Pada pria, jenis depresi yang terjadi berlangsung terus-menerus. Sedangkan depresi pada wanita cenderung lebih episodik," lanjutnya.

"Dibandingkan dengan wanita, pria yang depresi juga mengalami konsekuensi serius dari depresi mereka seperti penyalahgunaan narkoba, konsumsi alkohol, dan kecenderungan untuk bunuh diri. Hal ini ditengarai karena pria lebih tertutup dan ada rasa gengsi untuk mengungkapkan sisi lemah mereka pada orang lain. Sehingga mereka tidak bebas untuk bercerita. Sementara wanita lebih terbuka dan bebas untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan pada orang yang mereka percayai," Chuang menambahkan.

Lalu, bagaimana dengan kamu? Well, jangan sampai depresi memberikan dampak buruk pada kesehatan fisik dan mentalmu, ya. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.