Sederet Masalah Kesehatan yang Bisa Dialami Ketika Keseringan Makan Tengah Malam

Senin, 29 Maret 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sederet Masalah Kesehatan yang Bisa Dialami Ketika Keseringan Makan Tengah Malam Makanan yang tidak boleh dimakan malam hari. © boldsky.com

Merdeka.com - Pernahkah kamu merasa lapar di tengah malam dan makan baik sekadar ngemil atau dalam jumlah besar pada saat itu? Walau banyak yang menghindari kebiasaan ini, namun tak sedikit juga yang masih melakukannya.

Saat ini sejumlah penelitian telah mengungkap bahwa tidur sebelum makan tidak memiliki bahaya seperti yang diperkirakan pada masa lalu. Namun, makan atau ngemil di tengah malam tetap bukan hal yang normal bagi kerja tubuh.

Penelitian mengungkap bahwa bahwa seseorang bisa mencerna makanan lebih baik ketika di siang hari. Sedangkan pada malam hari, proses pencernaan bakal melambat. Ketika seseorang tertidur, sistem pencernaan juga bakal ikut tertidur.

Pakar kesehatan menyarankan agar seseorang makan dalam jumlah besar di siang hari dan mengurangi jumlahnya pada malam hari. Menurut teori pengobatan Tiongkok dan India, sistem pencernaan manusia bekerja sesuai matahari.

Kebiasaan makan di malam hari terutama tengah malam bisa menimbulkan sejumlah risiko kesehatan. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa kamu alami ketika sering makan di tengah malam.

2 dari 5 halaman

Berat Badan Bertambah

bertambah rev3

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Penn Medicine News menunjukkan bahwa seseorang yang makan tengah malam mengalami penambahan berat badan lebih cepat dibanding lainnya. Mereka juga mengalami lebih banyak memetabolisme karbohidrat dan sedikit lemak serta tingkat insulin, glukosa, kolesterol, dan triglyserida lebih tinggi.

3 dari 5 halaman

Ingatan Memburuk

Penelitian yang dilakukan mengungkap bahwa makan tengah malam bisa menyebabkan perubahan pada otak. Peneliti mengungkap bahwa hewan yang makan dalam jangka waktu dekat dengan waktu tidur mengalami penurunan memori secara signifikan dan kesulitan belajar.

4 dari 5 halaman

Mimpi Buruk

sederet masalah kesehatan yang bisa dialami ketika keseringan makan tengah malam

Makan tengah malam bisa membuat tubuh bekerja lembur untuk mencerna makanan yang bisa mempengaruhi mimpi. Berdasar penelitian diketahui bahwa seseorang yang makan sebelum tidur memiliki mimpi buruk dan menakutkan. Peneliti mengungkap bahwa kondisi pencernaan yang buruk bisa berujung mimpi buruk.

5 dari 5 halaman

Tidak Harus Dihindari Sepenuhnya

Walau terdapat sejumlah masalah yang bisa muncul dari makan tengah malam, namun kamu sebaiknya tidak menghindari kebiasaan ini sepenuhnya. Kamu masih boleh makan dalam jumlah sedikit makanan yang penuh nutrisi.

Untuk menghindari kebiasaan ini, kamu bisa makan lebih banyak di siang hari. Rasa lapar yang muncul di malam hari biasanya disebabkan karena kurangnya makanan yang kamu konsumsi di siang hari. [RWP]

Baca juga:
Bahayakan Jantung Hingga Picu Batu Empedu, Ketahui Bahaya dari Diet Ekstrem
Waspadai Makanan Berbahan Sayur Namun yang Bisa Buat Gendut
Pastikan untuk Menghindari Makanan Berlemak Sebelum Mendapatkan Vaksin
Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak Berlebih, Waspadai Adanya 5 K
Peningkatan Imun pada Lansia Bisa Dilakukan dengan Pemberian Nutrisi sebelum Vaksin
Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berlemak Sehat, 5 Hal ini yang Bakal Kamu Alami

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Kesehatan Pencernaan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini