Penyebab Rasa Sakit di Telapak Kaki dan Cara Mengatasinya

Selasa, 24 September 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Penyebab Rasa Sakit di Telapak Kaki dan Cara Mengatasinya Ilustrasi Kaki Kram. ©medicalnewstoday.com

Merdeka.com - Dalam kegiatan dan aktivitas sehari-hari, kamu bakal banyak berjalan dan berdiri. Baik untuk berjalan ke kamar mandi atau melakukan hal lainnya, aktivitas yang bertumpu pada kaki ini tak dapat dihindari.

Besarnya aktivitas yang dilakukan seseorang ini bisa menyebabkan mudahnya terjadi masalah pada kaki. Hal ini bakal jadi sangat terasa dan tidak bisa kamu kesampingkan begitu saja.

Sakit di kaki ini bisa muncul dalam berbagai bentuk. Ketika kamu merasa nyeri di tumit atau telapak kaki ini, maka rasa sakit yang kamu alami itu dikenal dengan nama plantar fascitis.

Plantar fascitis merupakan peradangan yang terjadi pada plantar fascia, kelompok jaringan yang menyambung dari tumit hingga ke ujung jempol kaki. Masalah ini merupakan penyebab utama dari sakit di kaki dan bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Salah satu penyebab dari rasa sakit ini adalah karena alas kaki yang digunakan. Sol yang keras dan datar bisa menyebabkan munculnya rasa tegang di telapak kaki ketika kamu membawa beban.

Sakit di betis, harmstrings, serta jari-jari kaki juga bisa jadi penyebab dari rasa sakit ini. Seluruh otot pada bagian kaki pada dasarnya berhubungan dan dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke bagian lain.

Untuk mencegah dan menghilangkan rasa sakit ini, terdapat beberapa hal yan bisa jadi penyebabnya. Dilansir dari Men's Health, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan menghilangkan rasa sakit.

1 dari 5 halaman

Letakkan Bola di Bawah Kaki

Gunakan bola tenis atau botol air minum yang memiliki isi di bagian bawah kakimu. Letakkan di telapak kaki, tepatnya pada bagian melengkung dan gulirkan kaki di atas bola atau botol maju dan mundur sekitar satu hingga dua menit setiap hari.

2 dari 5 halaman

Letakkan Foam Roller di Betis

Gunakan foam roller pada kaki bagian bawah dan beri beban pada otot betis dengan mengangkat pinggul. Lakukan hal ini selama tiga hingga empat menit setiap hari pada sudut yang berbeda. Pastikan untuk melakukannya secara menyeluruh pada otot perut.

3 dari 5 halaman

Renggangkan Jempol

Renggangkan jempol secara vertikal menghadap tembok. Tekuk kaki dan renggangkan selama dua hingga tiga set yang terdiri dari 30 detik.

4 dari 5 halaman

Ganti Sepatu

Masukkan bantalan tambahan pada sepatu yang kamu gunakan sehari-hari. Kamu bisa melakukan hal ini atau beli sepatu baru yang bisa memberi sokongan lebih baik pada telapak kaki.

5 dari 5 halaman

Perkuat Pinggul

Untuk mencegah masalah ini, kamu bisa memperkuat pinggul agar terhindar dari sakit di kaki. Hal ini bisa memperkecil beban dari bagian plantar fascia.

Jika kamu menggabungkan dan melakukan seluruh hal tersebut, maka kamu dapat terhindar dari rasa sakit di telapak kaki. Jika tidak ada masalah di telapak kaki, aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan bisa lebih nyaman. [RWP]

Baca juga:
Wax VS Krim Penghilang Bulu, Mana yang Lebih Baik?
Lansia Memiliki Kriteria Sepatu Khusus untuk Hindarkan Masalah Lebih Lanjut
Begini Cara Sederhana Membuat Larutan Rendaman Kaki untuk Mengusir Racun di Tubuh
Bahaya yang Muncul dari Kebiasaan Memakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki
Sederet Masalah Kesehatan yang Mengancam dari Penggunaan Sandal Jepit Terlalu Lama

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini