Mentimun, sayuran segar yang mampu bunuh sel kanker

Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum | Senin, 26 Desember 2016 11:26
Mentimun, sayuran segar yang mampu bunuh sel kanker
Ilustrasi mentimun. Shutterstock/pilipphoto

Merdeka.com - Mentimun adalah jenis sayuran buah yang biasanya dikonsumsi untuk menyegarkan tubuh dan mendinginkan suhu tubuh ketika udara sedang panas. Kandungan air yang tinggi di dalamnya mampu menghidrasi tubuh dengan baik.

Selain manfaat tersebut, baru-baru ini para peneliti menemukan bahwa makan mentimun ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan kanker. Berikut adalah senyawa alami di dalam mentimun yang ampuh untuk sembuhkan kanker seperti dilansir dari boldsky.com.

Rasa pahit
Munculnya sedikit rasa pahit di dalam mentimun dipengaruhi oleh 2 hal yang bersifat genetik yaitu Bi dan Bt. Kedua bahan ini memiliki sifat obat di dalamnya.

Cucurbitacin
Cucurbitacin merupakan bahan alami di dalam mentimun yang efektif untuk mengobati kanker dan diabetes.

Lignan
Lignan adalah salah satu zat alami di dalam mentimun. Salah satu jenis lignan yaitu pinoresinol bermanfaat untuk menekan pertumbuhan sel-sel leukimia atau kanker darah.

Selain manfaat tersebut, ternyata makan mentimun juga menyimpan manfaat sehat untuk pasien diabetes. Mentimun mengandung bahan alami yang disebut dengan saponin. Bahan ini akan membuka jaringan dan membuat insulin atau glikogen masuk ke dalam sel untuk mengurangi kadar gula dalam darah serta membantu melarutkan lemak dalam jaringan.



[feb]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE