Menemani Kakek dan Nenek dapat Membantu Mereka Menjaga Kesehatan

Kamis, 21 Maret 2019 19:16 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Menemani Kakek dan Nenek dapat Membantu Mereka Menjaga Kesehatan ilustrasi orang tua sehat. ©psychologybenefits.org

Merdeka.com - Kerap kali karena waktu yang sudah terlalu penuh dengan pekerjaan atau sekolah menyebabkan kita jadi jarang menemani orangtua atau kakek nenek kita. Namun dengan melakukan cara mudah seperti menemani mereka justru dapat membantu orangtua dan kakek nenek kita untuk memperpanjang usianya.

Dilansir dari Womenshealthmag, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menemani orang tua dapat membantu memperpanjang usia mereka. Penelitian yang dilakukan di University of California, San Francisco menemukan bahwa kesepian pada usia tua memiliki peran yang besar dalam menurunnya kesehatan.

Penelitian ini dilakukan terhadap 1.600 orang dewasa dengan usia rata-rata 71 tahun. Penelitian ini mengesampingkan berbagai faktor lain dan hanya fokus pada kondisi kesepian terhadap tingkat kematian.

Hampir 23 persen partisipan yang kesepian meninggal dalam rentang enam waktu penelitian. Sebaliknya, pada manula yang tidak kesepian dan memiliki teman, angka ini hanya 14 persen.

"Kebutuhan kita seumur hidup pada orang yang mengetahui, menghargai, dan memberi kita kegembiraan, tidak akan pernah menghilang," jelas Barbara Moscowitz dari Massachusetts General Hospital.

Orang lanjut usia memberi penghargaan saat besar pada hubungan ini sehingga mereka menganggapnya sangat penting dibanding anak atau cucu mereka. Rosemary Blieszner, profesor perkembangan manusia dari Virginia Tech menyebut bahwa kemampuan orang tua untuk menjalin hubungan ini sangat penting bagi usia hidup mereka.

"Mereka sangat toleran dengan ketidaksempurnaan dan keanehan teman mereka, dibanding pada orang dewasa yang lebih muda," jelas Blieszner.

"Kamu bakal memberi lebih banyak pengalaman bagi pertemananmu ketika semakin tua. Kamu memahami mana hal yang yang layak diperjuangkan dan mana yang tidak," sambungnya.

Dibanding mengundang kakek, nenek, orangtua, atau kerabat berusia tua ke rumah, lebih penting untuk mendorong mereka menjaga hubungan pertemanan. Pasalnya, berbeda dari yang kita pahami, orang tua cenderung untuk mampu beradaptasi dalam kehidupan. Kita hanya memerlukan untuk menyokong adanya lingkungan untuk berkumpul, berhubungan, dan berkembang.

Walau begitu, menghabiskan waktu dengan kakek nenek ini selain membantu mereka menjaga kesehatan juga membantu kita menjaga hubungan. Mereka mendapat percakapan dan ditemani yang krusial bagi kehidupan, sedangkan kita mendapat cerita dan pengalaman yang mereka bagi. [RWP]

Baca juga:
Begini Cara Kerja Bedah Bariatrik, Solusi untuk Pasien Obesitas
Kondisi Mata Juling Sesungguhnya Bisa Disembuhkan dengan Operasi
Konsumsi Teh Hijau Bisa Bantu cegah Obesitas
Cek Fakta, Era Jokowi Angka Stunting Turun 7 Persen Klaim Ma'ruf Amin
Pembedahan Bagi Pasien Obesitas Hanya Boleh Dilakukan Ketika Pada Tahap Ini
Terlalu Bersih Ternyata Bisa Buat Bakteri Kebal Terhadap Antibiotik

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan
  3. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini