10 Manfaat markisa bagi kesehatan dan kecantikan

Sabtu, 11 Agustus 2018 08:02 Reporter : Tantri Setyorini
10 Manfaat markisa bagi kesehatan dan kecantikan Ilustrasi markisa. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Passion fruit alias markisa merupakan salah satu buah tropis yang sangat umum ditemukan di Indonesia. Kerap diremehkan karena harganya murah dan lebih banyak dijual bersama buah lokal. Padahal rasa dan kandungan gizinya tak kalah dengan buah stroberi aprikot dari luar negeri. Lalu apa saja manfaat markisa bagi manusia?

Berikut ini kami tampilkan selengkapnya manfaat markisa untuk kesehatan dan kecantikan, dilansir dari Boldsky (8/8).

1 dari 2 halaman

Jenis dan nilai gizi buah markisa

Ilustrasi markisa. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Markisa berfungsi sebagai sumber serat makanan. Satu porsi (18 gram) mengandung sekitar 2 gram serat dan sebagian besar merupakan serat larut. Serat ini berguna untuk menjaga agar usus tetap sehat dan mencegah konstipasi.

Markisa juga merupakan sumber vitamin A dan C yang cukup tinggi. Buah ini juga mengandung 17 kalori, cukup rendah buat yang lagi berdiet.

Kandungan polifenol di dalamnya lebih tinggi daripada buah-buahan tropis lain seperti mangga atau pisang. Selain itu masih banyak lagi khasiatnya yang bisa kita bahas.

Katanya ada sekitar 500 varietas markisa yang tersebar di muka bumi. Namun yang paling umum dijumpai di Indonesia hanya dua jenis.

Passiflora edulis

Jenis markisa ini berbentuk bulat atau oval kecil dengan kulit berwarna ungu. Jika sudah matang rasanya bisa benar-benar manis.

Passiflora flavicarpa

Markisa jenis ini lebih besar daripada yang berwarna ungu. Buahnya berbentuk lonjong dan memiliki kulit berwarna kuning. Rasanyajuga lebih asam daripada yang ungu.

2 dari 2 halaman

Manfaat kesehatan buah markisa

Ilustrasi markisa. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Manfaat markisa bagi kesehatan tak terbatas pada serat dan vitaminnya saja. Buah yang satu ini juga bisa membantu pengobatan berbagai penyakit. Serta memiliki khasiat kecantikan yang cukup bagus jika dikonsumsi secara teratur.

Berikut ini beberapa manfaat markisa untuk kesehatan dan kecantikan yang berhasil kami rangkum.

  • Meskipun rasanya manis, markisa dapat membantu dalam perawatan diabetes. Ini karena kandungan seratnya yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah.
  • Konsumsi markisa dapat membantu dalam pencegahan kanker. Buah ini memiliki antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker.
  • Mengatur tekanan darah. Markisa kaya akan potasium yang bisa mengatur tekanan darah tubuh.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C, karoten, dan cryptoxanthin di dalamnya akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan.
  • Menjaga kesehatan pencernaan. Karena termasuk sumber serat yang baik, buah ini juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.
  • Potasium dan folat di dalamnya akan meningkatkan kesehatan otak serta mengurangi kecemasan.
  • Karena kaya mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor dan magnesium, buah markisa bisa menjadi cara yang bagus untuk mempertahankan kepadatan tulang.
  • Buah markisa memiliki campuran bioflavonoid yang menunjukkan efek positif pada sistem pernapasan.
  • Besi dan tembaga yang ada dalam buah markisa akan mendorong produksi sel darah merah.
  • Selama kehamilan, konsumsi buah markisa bermanfaat karena folat yang ada dalam buah membantu perkembangan janin.
  • Buah ini mengandung harman yang merupakan senyawa penenang yang manjur untuk mengatasi insomnia.
  • Vitamin A di dalam buah markisa dapat membantu dalam meningkatkan tekstur kulit.

Itulah macam-macam manfaat markisa untuk tubuh manusia. Konsumsi buah ini secara teratur untuk mendapatkan khasiatnya. Apalagi jika sedang musimnya. Buah yang sedang musim biasanya memiliki lebih banyak vitamin. [tsr]

Baca juga:
Manfaat tersembunyi dari bagian buah dan sayur yang sering dibuang
Karikaya buah pencuci tangan Suku Tengger yang berubah jadi manisan
Inilah penyebab anak enggan makan buah dan sayur
Ternyata, ini cara mengupas mangga yang mudah

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini