8 Manfaat krai atau pare belut, dari kontrol diabetes hingga obati sakit kuning

Selasa, 4 September 2018 00:01 Reporter : Tantri Setyorini
8 Manfaat krai atau pare belut, dari kontrol diabetes hingga obati sakit kuning Ilustrasi pare belut atau krai. ©Dreamstime

Merdeka.com - Pare belut atau disebut krai di beberapa daerah di Indonesia merupakan jenis sayuran yang mudah ditemui di Indonesia, Pakistan, Malaysia, China dan negara-egara Asia lainnya.

Sayuran murah meriah ini ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Jika dikonsumsi secara teratur bahkan bisa membantu penyembuhan beberapa jenis penyakit, antara lain penyakit kuning dan malaria.

Apa saja manfaat krai bagi kesehatan manusia? Berikut ini kami tampilkan 8 di antaranya berikut nilai gizi yang terkandung di dalamnya, seperti dilansir Boldsky.

1 dari 9 halaman

Kandungan nutrisi pare belut atau krai

Ilustrasi pare belut atau krai. ©Alamy

Manfaat krai bagi kesehatan sangat beragam sebab sayuran ini memiliki gizi yang cukup lengkap. Di dalam krai terkandung vitamin, mineral, serat, dan air.

Vitamin yang terkandung di dalam krai adalah vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Sementara mineral yang terdapat di dalamnya adalah zat besi, kalsium, magnesium, yodium, kalium, fosfor, dan mangan.

Krai juga diperkaya dengan serat larut dan air yang baik untuk kelancaran pencernaan.

2 dari 9 halaman

Manfaat 1: Meringankan dampak diabetes

Ilustrasi diabetes. Shutterstock/donskarpo

Manfaat krai yang pertama adalah meringankan dampak dari penyakit diabetes. Pare belut atau krai sangat bagus untuk penderita diabetes tipe 2. Karena rendah kalori dan baik untuk pencernaan, konsumsi sayuran ini bisa membantu penderita diabetes dalam mengontrol berat badan. Seperti diketahui bersama, berat badan berlebih bisa mendatangkan masalah kesehatan yang lebih serius bagi para penderita kencing manis.

3 dari 9 halaman

Manfaat 2: Mengobati demam berdarah & demam malaria

ilustrasi nyamuk malaria. ©huffingtonpost.com

Dalam pengobatan herbal, krai dikenal ampuh untuk menurunkan demam tinggi. Terutama demam tinggi yang disertai muntah, mual, dan diare.

Menambahkan sedikit madu pada rebusan krai dipercaya bisa menurunkan demam tinggi. Krai yang dicampur dengan jus daun ketumbar juga efektif menurunkan demam tinggi. Juga cocok untuk diberikan kepada pasien malaria.

Jika dikonsumsi saat demam, ramuan krai akan merangsang muntah. Dengan begitu segala bentuk keracunan bisa diredam.

4 dari 9 halaman

Manfaat 3: Mengobati penyakit kuning

Ilustrasi penyakit kuning. ©Boldsky

Orang yang menderita penyakit kuning harus makan makanan yang ringan dan mudah dicerna. Mengkonsumsi daun krai yang dicampur  dengan daun ketumbar terbukti sangat efektif dalam mengobati penyakit kuning. Minum obat rumahan ini tiga kali sehari dapat membantu mengurangi tingkat bilirubin dan mengobati penyakit kuning.

5 dari 9 halaman

Manfaat 4: Meningkatkan kesehatan jantung

ilustrasi jantung sehat. ©www.canadianliving.com

Ekstrak krai diketahui dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan kesehatan jantung seperti palpitasi. Krai akan menurunkan tekanan darah dengan mengendurkan sistem saraf.

Konsumsi ekstrak krai dapat membantu mengurangi stres dan rasa sakit yang terkait dengan jantung. Menurut pakar kesehatan, mengonsumsi setidaknya 2 cangkir ekstrak krai per hari akan membantu menyingkirkan masalah terkait jantung.

6 dari 9 halaman

Manfaat 5: Mengatasi sembelit

ilustrasi sembelit. ©www.healthxchange.com.sg

Sembelit disebabkan kurangnya asupan air dan serat setiap hari. Kurang berolahraga juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang satu ini. Konstipasi juga bisa menjadi gejala kondisi gangguan kesehatan yang lebih serius seperti penyakit Parkinson, diabetes, sindrom iritasi usus.

Krai dapat membantu mengatasi sembelit. Konsumsi 1-2 sendok jus krai setiap pagi akan membantu memperbaiki gerak usus Anda. Sayuran ini juga berfungsi membantu mencuci perut dengan bertindak seperti pencahar ringan.

7 dari 9 halaman

Manfaat 6: Membantu menjaga berat badan

Ilustrasi Diet. ©2014 Merdeka.com

Krai memiliki kalori rendah dan tidak mengandung lemak di dalamnya. Jadi sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang ingin membatasi asupan kalori dalam sehari.

Nutrisi penting, cairan, dan serat di dalamnya juga dapat membantu menjaga berat badan. Jadi jika Anda ingin menurunkan berat badan secara alami, masukkan sayuran ini dalam makanan Anda.

8 dari 9 halaman

Manfaat 7: Detoksifikasi tubuh

Ilustrasi Pencernaan. ©2015 Merdeka.com

Detoksifikasi secara teratur akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Membuang racun dari dalam tubuh akan membantu meningkatkan fungsi organ-organ vital.

Berkat sifat diuretik yang dimilikinya, krai akan membantu mengeluarkan racun-racun lewat air seni. Dengan demikian fungsi hati pun jadi meningkat.

9 dari 9 halaman

Manfaat 8: Memperkuat gigi & tulang

ilustrasi kesehatan tulang. ©www.indusladies.com

Sayuran ini dapat membantu memperkuat gigi dan tulang karena mengandung kalsium. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti osteoporosis, osteopenia dan hipokalsemia. Kondisi kesehatan ini disebabkan oleh kekurangan vitamin D yang mendorong penyerapan kalsium oleh tubuh kita. Kalsium memainkan peran yang sangat penting dalam hal kesehatan tulang dan mineral ini menjadi semakin penting seiring dengan bertambahnya usia.

Demikian aneka manfaat kesehatan yang terkandung dalam sayur krai atau pare belut. Konsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat krai bagi tubuh Anda. [tsr]

Baca juga:
Manfaat tersembunyi dari bagian buah dan sayur yang sering dibuang
Inilah penyebab anak enggan makan buah dan sayur
Kecil-kecil cabai rawit, microgreen nan kaya nutrisi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini