Konsumsi Sereal Bisa Bantu Orang Tua Cegah Hilangnya Ingatan

Jumat, 21 Februari 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Sereal Bisa Bantu Orang Tua Cegah Hilangnya Ingatan Ilustrasi Orang Tua. ©CCO Public Domain

Merdeka.com - Seiring bertambahnya usia, bakal terjadi perubahan pada otak seseorang. Salah satu hal yang biasa terjadi adalah hilangnya ingatan atau pikun yang terjadi.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa pola makan yang tepat ternyata bisa membantu mencegah memburuknya masalah kesehatan ini. Makanan yang membantu menurunkan masalah ini juga cukup mudah ditemui yaitu sereal terutama pada orang tua.

Dilansir dari Medical Daily, penelitian ini dilakukan di Australia dan dipublikasikan di International Journal of Public Health. Penelitian ini berniat melihat seberapa penting perubahan pola makan seiring bertambahnya usia terutama terhadap otak.

Data penelitian ini dikumpulkan dari 139.000 orang. Diketahui bahwa mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah lebih sedikit atau banyak pada usia yang berbeda, berhubungan dengan hilangnya ingatan.

1 dari 2 halaman

Hasil penelitian ini menemukan bahwa konsumsi makanan tinggi protein bisa membantu menjaga ingatan lebih baik. Selain itu, diketahui juga bahwa demi menjaga ingatan, biji-bijian bisa memainkan peran yang penting.

"Hasil penelitian terbaru kami menunjukkan bahwa saran untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sereal sebagai pencegahan hilangnya ingatan bagi orang tua mungkin berbeda dibanding kelompok usia lain," terang peneliti Luna Xu.

Walau begitu, sereal pada penelitian ini tidak mengacu pada sereal sarapan yang berisi semangkuk susu. Pada penelitian ini, sereal mengacu pada biji-bijian seperti oats, jagung, dan gandum.

2 dari 2 halaman

Menurut penelitian, intervensi pola makan ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Hal ini terjadi terutama pada orang-orang usia tua.

"Intervensi pola makan pada pencegahan dan pengelolaan penyakit kronis, dengan mempertimbangkan fakta bahwa populasi yang yang lebih tua kerap berurusan dengan berbagai kondisi kronis merupakan hal yang menantang," jelas Xu.

Walau penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi lebih banyak sereal dan biji-bijian pada orang tua bisa membantu kesehatan, namun pada orang-orang yang lebih muda manfaat ini juga bisa diperoleh. Pasalnya memulai lebih awal bisa membantu mengatasi masalah ini lebih awal. [RWP]

Baca juga:
Begini Dampak yang Diberikan oleh Kebiasaan Olahraga Terhadap Kesehatan Otak
Air Putih Bisa Jadi Minuman yang Paling Bermanfaat Bagi Perkembangan Otak Anak

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan Otak
  3. Nutrisi
  4. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini