Konsumsi Keripik Kentang Bisa Sebabkan Sejumlah Masalah pada Ibu Hamil

Kamis, 6 Juni 2019 12:20 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Keripik Kentang Bisa Sebabkan Sejumlah Masalah pada Ibu Hamil Ilustrasi Wanita Hamil Makan Keripik Kentang. ©Fotolia

Merdeka.com - Ketika hamil, terdapat makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk menjaga kondisi. Sebuah penelitian menyebut bahwa wanita sebaiknya tidak mengonsumsi minyak sayur serta keripik kentang ketika hamil.

Dilansir dari The Health Site, konsumsi makanan tersebut bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan dan perkembangan buruk pada bayi. Makanan seperti keripik kentang dan minyak sayur mengandung lemak omega 6 terutama asam linoleik yang bisa menyebabkan peradangan dan meningkatnya risiko penyakit jantung jika dikonsumsi berlebihan.

"Penting bagi wanita hamil untuk mempertimbangkan pola makan, dan penelitian kami merupakan contoh bahwa mengonsumsumsi nutrisi tertentu secara berlebih dapat menimbulkan dampak negatif pada pertumbuhan bayi," jelas peneliti Deanne Skelly, Profesor di Griffith University, Australia.

Temuan yang dipublikasikan pada Journal of Physiology ini menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung asam linoleik tiga kali di atas jumlah yang disarankan bisa menimbulkan masalah pada kehamilan. Oleh karena itu disarankan pada wanita yang tengah mengandung untuk menurunkan konsumsi makanan dengan bahan ini.

Makanan dengan kandungan asam linoleik ini biasanya juga memiliki lemak, gula, dan garam yang tinggi. Namun ternyata dibanding pada bahan lain, kandungan asam linoleik merupakan hal yang paling harus dihindari pada ibu hamil. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini