Di Balik Bau yang Khas, Berikut Sejumlah Manfaat Luar Biasa dari Sayur Rebung

Minggu, 31 Maret 2019 14:25 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Di Balik Bau yang Khas, Berikut Sejumlah Manfaat Luar Biasa dari Sayur Rebung Ilustrasi rebung. Shutterstock/bonchan

Merdeka.com - Rebung merupakan salah satu sayur yang sangat mudah ditemui dalam berbagai olahan makanan di Indonesia. Sayuran ini biasanya bisa kita temui pada masakan sayur santan atau pada lumpia.

Walau memiliki aroma yang khas, namun sayuran yang satu ini memiliki manfaat kesehatan luar biasa. Dilansir dari Organic Facts, berikut sejumlah manfaat yang dapat dipetik dari sayur rebung.

1. Rendah Gula

Jumlah gula yang ditemukan dalam rebung sekitar 2,5 gram per 100 gram. Jumlah tersebut lebih rendah daripada kadar gula yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran.

2. Sumber Protein

100 gram rebung memiliki sekitar 2 sampai 2,5 gram protein. Protein yang ditemukan dalam rebung terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial.

3. Kaya Vitamin dan Mineral

Siapa sangka jika rebung ternyata kaya kandungan vitamin dan mineral. Rebung memiliki kandungan seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat. Dan mineral yang ditemukan dalam rebung meliputi kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

4. Tinggi Serat

Rebung juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Jumlah serat makanan yang terkandung dalam rebung sekitar 6-8 gram per 100 gram.

5. Merangsang Nafsu Makan

Rebung tinggi selulosa yang dapat merangsang nafsu makan. Rasa dan tekstur rebung juga membuatnya bisa menjadi makanan pembuka.

6. Mengontrol Kolesterol

Penelitian yang dilakukan oleh Washington State University menunjukkan bahwa rebung memiliki efek menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam rebung dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Rebung mengandung banyak kalium. Kalium dapat bertindak sebagai elektrolit, dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

Delapan manfaat luar biasa tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi rebung. Beragam manfaat tersebut membuat tidak ada alasan bagi kamu untuk menghindari sayuran ini. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini