Bolehkah ibu hamil makan sushi?

Selasa, 16 Mei 2017 16:22 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Bolehkah ibu hamil makan sushi? Ilustrasi makan sushi. Shutterstock/Aaron Amat

Merdeka.com - Kehamilan adalah pengalaman yang luar biasa bagi para wanita. Kehamilan juga akan membawa serta tantangan baik secara fisik, emosional, maupun spiritual. Hal inilah yang kemudian membuat ibu hamil berhati-hati, termasuk menjaga makanan yang akan dikonsumsi.

Banyak yang bilang bahwa ibu hamil dilarang untuk makan sushi, makanan Jepang yang kebanyakan terbuat dari ikan mentah segar. Benarkah demikian? Well, menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, kamu yang sedang hamil boleh saja makan sushi. Asal patuhi dulu beberapa peraturan berikut ini.

Hindari konsumsi daging ikan mentah

Memang kebanyakan sushi terdiri dari ikan mentah. Namun ada pula sushi fushion yang berisi daging ikan yang telah dimasak. Seperti California Rolls yang berisi dari kepiting kukus, belut yang dimasak, atau udang yang juga telah dimasak. Kamu bisa memilih jenis ini untuk amannya.

Hindari daging ikan yang mengandung merkuri

Merkuri bersifat meracuni sistem saraf dan bisa menyebabkan kondisi yang disebut dengan anisakidosis yang membuat alergi. Oleh karena itu hindari konsumsi sushi dari ikan seperti Tilefish, Sword fish, Shark dan King mackerel.

Jangan makan sushi berlebihan

Moderasi atau konsumsi sushi tidak berlebihan juga menjadi peraturan yang harus kamu ingat jika ingin makan sushi saat kamu sedang hamil.

Jadi, sebenarnya kamu pun boleh-boleh saja makan sushi saat sedang hamil. Asal ingatlah peraturan di atas. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini