Berdasar Penelitian, Teh Hijau Ternyata Miliki Kandungan untuk Melawan Tuberkolosis

Selasa, 24 Desember 2019 02:50 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Berdasar Penelitian, Teh Hijau Ternyata Miliki Kandungan untuk Melawan Tuberkolosis Ilustrasi teh hijau. Shutterstock/kuleczka

Merdeka.com - Teh hijau merupakan salah satu minuman sehat yang bisa memiliki dampak luar biasa bagi kesehatan. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi minuman satu memiliki dampak positif lain yang baru diketahui.

Kandungan antioksidan dari teh hijau diketahui bisa menjadi penangkal bagi tuberkolosis. Dilansir dari The Health Site, hasil temuan ini didapat berdasar tes laboratorium dari Nanyang Technological University (NTU), Singapura.

Dari percobaan tersebut diketahui bagaimana kandungan penting bernama epigallocatechin gallate (EGCG) di dalam teh hijau bisa memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab tuberkolosis. ECGC bisa menurunkan kemampuan bakteri untuk melakukan proses selular untuk pertumbuhan serta stabilitas.

"Temuan kami terkait kemampuan ECGC untuk menghambat pertumbuhan bakteri tuberkolosis bisa membuat kita mencari cara untuk meningkatkan potensi dari kandungan dalam teh hijau ini dan kandungan serupa lainnya untuk membuat obat baru guna menangkal penyakit yang menyebar melalui udara ini," terang peneliti Gerhard Gruber, Professor di NTU.

Baca Selanjutnya: Berdasar penelitian sel membutuhkan energi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini