Benarkah Kopi dan Teh Bisa Buat Kita Mengalami Dehidrasi Usai Meminumnya?

Minggu, 13 Oktober 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Benarkah Kopi dan Teh Bisa Buat Kita Mengalami Dehidrasi Usai Meminumnya? Ilustrasi minum kopi. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Kopi dan teh merupakan minuman yang sangat diminati oleh banyak orang. Minuman ini biasanya jadi teman yang sempurna untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Kafein yang terdapat pada minuman ini bisa membantu meningkatkan energi, mood, serta membuat performa fisikmu juga meningkat. Walau bisa sangat bermanfaat, namun terdapat dampak negatif yang dapat muncul dari minuman ini.

Salah satu dampak negatif yang dipercaya oleh banyak orang adalah bahwa konsumsi minuman ini bisa menyebabkan dehidrasi. Namun benarkah hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari Times of India, konsumsi kopi sebenarnya tidak menimbulkan dehidrasi. Namun minuman ini memiliki efek diuretik yang bisa membuatmu kencing lebih sering.

Efek diuretik ini bisa memaksa tubuh untuk mengeluarkan sodium dan air dari dalam. Hal ini bisa terjadi karena kafein disebut memiliki dampak pada ginjal untuk mengurangi penyerapan sodium.

Ginjal kita sesungguhnya melepaskan garam berlebih dari tubuh melalui air kencing. Ketika dikeluarkan dari tubuh, sodium menyerap air dari darah sehingga kamu jadi lebih sering buang air kecil.

Secara umum, jika kamu minum terlalu banyak kopi, maka kamu harus lebih sering buang air. Namun efek diuretik dari kopi ini mungkin hanya terjadi pada orang yang jarang minum kopi dibanding pada mereka yang mengonsumsinya secara rutin.

1 dari 1 halaman

Hubungan Kopi dan Dehidrasi

Sederhananya, ketika kemu lebih sering buang air kecil, maka kamu bakal lebih banyak kehilangan cairan dari tubuh dan menyebabkan dehidrasi. Namun ternyata ketika minum kopi yang terjadi bukan hal seperti ini.

Ketika kamu mengonsumsi kopi, sejumlah cairan juga ikut masuk ke dalam tubuh bersama dengan kafein. Oleh karena itu, walau kamu sering buang air kecil namun tidak terjadi dehidrasi pada tubuhmu.

Tubuhmu bakal menyerap sebanyak mungkin cairan yang dibutuhkan dan mengeluarkan sisanya. Kopi ini justru bisa menyeimbangkan efek diuretik. Walau begitu, kamu disarankan untuk mengonsumsi banyak air putih juga. [RWP]

Baca juga:
Konsumsi Kopi dan Teh Malam Hari Bukan Masalah untuk Dapatkan Tidur Berkualitas
Penuhi Kebutuhan Kopi, Holding Perkebunan Nusantara Bidik Pasar Lokal
Apakah Aman Bagi Anak-Anak untuk Mengonsumsi Kopi?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini