6 Makanan yang Bisa Membuatmu Terhindar dari Masalah Penyumbatan Arteri

Jumat, 4 Oktober 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Makanan yang Bisa Membuatmu Terhindar dari Masalah Penyumbatan Arteri Ilustrasi Pembuluh Darah. ©iStock

Merdeka.com - Arteri merupakan pembuluh darah dalam tubuh yang membawa darah beroksigen ke jantung. Darah ini kemudian didistribusikan pada sel dan organ tubuh lain.

Karena sejumlah tugas yang dimilikinya, arteri ini memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Namun pada kondisi tertentu, mungkin terbentuk plak pada arteri ini.

Munculnya plak pada arteri ini menyebabkan terjadinya gangguan pada sirkulasi darah dan berujung pada masalah kesehatan serius. Agar bisa berfungsi secara normal, arteri seharusnya tidak mengalami penyumbatan.

Ketika terjadi penyumbatan pada arteri, kamu memiliki risiko untuk mengalami stroke. Penyumbatan pada arteri ini bisa terjadi karena sejumlah alasan seperti usia, riwayat keluarga, tekanan darah tinggi, kebiasaa makanan tak sehat, gula darah tinggi, serta gaya hidup kurang olahraga.

Untuk mencegah terjadinya penyumbatan darah ini, konsumsi makanan yang tepat bisa jadi salah satu caranya. Makanan yang kaya serat, magnesium, dan protein dibutuhkan untuk mencegah masalah ini.

Terdapat sejumlah makanan yang bisa membuatmu terhindar dari munculnya penyumbatan arteri ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah makanan yang bisa membuatmu terhindar dari masalah penyumbatan arteri.

1 dari 6 halaman

Biji-Bijian

Konsumsi biji-bijian merupakan cara mudah agar tidak mengalami penyumbatan arteri. Makanan ini kaya nutrisi dan serat yang bisa menghindarkanmu dari kolesterol berlebih dan munculnya plak. Makanan ini juga bisa membuat perutmu tetap sehat.

2 dari 6 halaman

Sayuran

Sayuran merupakan sumber dari serat yang sangat bermanfaat. Ahli nutrisi percaya bahwa sayuran berdaun hijau bisa membantu menjaga tingkat gula darah dan mencegah obesitas. Dua hal ini merupakan penyebab dari terjadinya penyumbatan arteri.

3 dari 6 halaman

Ikan

Ikan jenis tertentu terutama yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti salmon sangat baik bagi tubuh. Ikan jenis ini juga bisa menjaga kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Makanan ini diketahui juga dapat menurunkan peradangan yang merupakan penyebab utama dari penyakit jantung.

4 dari 6 halaman

Jeruk

Jeruk merupakan salah satu sumber penting bagi serat dan nutrisi. Buah ini juga mampu mengeluarkan bebagai kotoran dari dalam tubuh dan memperkuat sistem imun. Pada arteri, buah ini bermanfaat untuk memperkuat dinding arteri.

5 dari 6 halaman

Avokad

Buah ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan mempu meningkatkan tingkat kolesterol baik dalam tubuh dan menghilangkan kolesterol buruk. Ketika tingkat kolesterol dalam tubuh terkontrol, arteri dalam tubuh bisa terjaga tetap sehat.

6 dari 6 halaman

Minyak Zaitun

Penelitian kesehatan mengungkap bahwa minyak zaitun bisa jadi bahan yang tepat untuk menghilangkan penyumbatan arteri. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi minyak ini secara rutin setiap hari. [RWP]

Baca juga:
Ini Penyebab Mengapa Seseorang Mengiler Ketika Sedang Tidur
Sederet Masalah Kesehatan yang Bisa Dialami Ketika Keseringan Makan Tengah Malam
Sejumlah Gejala Fisik dan Mental yang Mungkin Dialami Karena Kecanduan Internet
Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi, Berikut Sejumlah Dampak Mengejutkan Kurang Minum Air

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini