5 Olahraga yang Bisa Membantu Memperpanjang Usia dan Mengurangi Risiko Kematian Dini

Sabtu, 16 November 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Olahraga yang Bisa Membantu Memperpanjang Usia dan Mengurangi Risiko Kematian Dini ilustrasi olahraga. ©2012 elmilo.com

Merdeka.com - Berolahraga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan dan memperpanjang umur. Ketika seseorang memiliki gaya hidup yang kurang gerak sekitar 9,5 jam atau lebih, risiko kematian dini dan penyakit seseorang juga bakal meningkat.

Kepadatan aktivitas sehari-hari serta pekerjaan yang dimiliki seseorang telah membuat mereka kesulitan mencari waktu untuk berolahraga. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa aktivitas fisik dalam berbagai intensitas bisa membantu mengurangi risiko kematian dini pada usia paruh baya serta lanjut.

Sejumlah olahraga tertentu yang mudah dilakukan bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan. Olahraga ini bisa sekadar berjalan atau juga kegiatan lain yang membuatmu tetap aktif.

Berolahraga bisa membuatmu terhindar dari sejumlah masalah kesehatan yang menyerang sehingga kamu terhindar dari kematian dini. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah olahraga yang bisa membantu memperpanjang usia.

1 dari 5 halaman

Jalan Cepat

Berjalan merupakan olahraga paling mudah untuk meningkatkan kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan selama 10 hingga 59 menit tiap minggu bisa membantu mengurangi risiko kematian dari apa pun sebesar 18 persen.

2 dari 5 halaman

Yoga

Yoga diketahui bisa membantu meningkatkan kekuatan, pernapasan, dan fleksibilitas. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi dari yoga dan olahraga aerobik seperti berlari dan berenang bisa menurunkan indeks massa tubuh, kolesterol, dan tekanan darah. Sejumlah hal ini bisa membuat seseorang terhindar dari penyakit jantung.

3 dari 5 halaman

Berlari

Berdasar penelitian, berlari bisa menurunkan risiko kematian dini seseorang terlepas dari berapa lama dilakukan. Hasil temuan ini berdasar analisis data dari 14 penelitian sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Berenang

Penelitian pada tahun 2017 terhadap lebih dari 80 ribu orang menemukan bahwa berenang memiliki manfaat sehat untuk menurunkan risiko kematian dini hingga 28 persen. Peneliti menyebut bahwa seseorang yang rutin berenang memiliki risiko kematian 41 persen lebih rendah akibat stroke atau penyakit jantung.

5 dari 5 halaman

Tennis dan Badminton

Pada penelitian yang melihat mengenai manfaat kesehatan olahraga, peneliti menemukan bahwa berolahraga tennis atau badminton secara rutin bisa menurunkan risiko kematian dini hingga 47 persen. Olah karena itu, kedua olahraga ini bisa dilakukan dengan mudah untuk menurunkan risiko kematian dini.

Sejumlah olahraga tersebut bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko kematian dini. Dengan mengurangi sejumlah risiko tersebut, maka kamu bisa memperpanjang usia dan tetap sehat. [RWP]

Baca juga:
Air Putih Setelah Berolahraga Dianggap Lebih Baik Dibanding Minuman Berelektrolit
Berapa Jumlah Ideal Air Putih untuk Diminum Setelah Berolahraga?
Sejumlah Hobi yang Ampuh untuk Menurunkan Tingkat Stres

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini