5 Bagian Tubuh yang Hanya Jadi Aksesori Semata

Rabu, 27 Februari 2019 00:33 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Bagian Tubuh yang Hanya Jadi Aksesori Semata ilustrasi bagian tubuh. ©www.execwear.com

Merdeka.com - Tubuh manusia memiliki berbagai bagian, sel dan organ yang memiliki fungsi kerja masing-masing. Berbagai bagian tubuh ini memiliki fungsi sendiri-sendiri yang bertujuan untuk menyokong aktivitas atau mempertahankan kesehatan tubuh manusia.

Namun, di antara sejumlah bagian tubuh ini, terdapat beberapa bagian yang menganggur alias tidak memiliki fungsi yang penting dan pasti bagi kita. Dilansir dari Boldsky, berikut lima bagian tubuh yang menganggur dan hanya jadi aksesori semata.

1. Geraham Terakhir

Geraham terakhir adalah gigi yang tumbuh pada saat kita telah mencapai usia yang cukup dewasa. Biasanya gigi ini tumbuh diiringi dengan rasa sakit yang luar biasa.

Kerap kali bertumbuhnya gigi geraham terakhir ini bisa membuat gusi menjadi bengkak dan menimbulkan rasa sakit luar biasa. Walaupun berada dalam deretan gigi geraham, namun bagian gigi ini ternyata tidak terlalu difungsikan saat kita mengunyah makanan.

2. Rambut di Sekujur Tubuh

Sebenarnya rambut halus yang tumbuh di sekujur tubuh kita berfungsi untuk melindungi tubuh dari udara dingin. Tetapi saat ini banyak orang justru ingin menghilangkannya.

Pada beberapa orang rambut ini terkadang tumbuh dengan lebat sehingga membuat pemiliknya ingin menyingkirkannya. Bagian rambut ini terutama yang tumbuh di sekitar lengan dan kaki terutama ketika kamu tinggal di negara tropis seperti Indonesia yang cenderung hangat.

3. Usus Buntu

Usus buntu adalah kantong kecil yang terletak pada titik pertemuan antara usus halus dan usus besar bertemu. Bagian usus ini ternyata tidak ikut serta dalam sistem pencernaan. Jika terjadi infeksi di dalamnya, kebanyakan orang akan menghilangkannya melalui operasi usus buntu.

4. Erector Pili

Erector Pili adalah otot kecil yang berada di bawah folikel rambut. Otot inilah yang membuat rambut-rambut halus kita berdiri tegak saat kita sedang merinding. Pada manusia purba, erector pili penting bagi manusia purba untuk bertahan di cuaca dingin.

Merinding merangsang tubuh untuk menaikkan suhunya dan menciptakan kehangatan pada tubuh. Saat ini, erector pili memiliki arti berbeda dan digunakan untuk mewakili emosi tertentu.

5. Puting pada Pria

Puting susu pada laki-laki tidak memiliki fungsi yang jelas, tidak seperti puting susu pada wanita yang berfungsi untuk menyusui. Bisa dikatakan puting pada pria benar-benar tidak memiliki fungsi.

Lima bagian tubuh tersebut tidak memiliki fungsi yang cukup signifikan dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun sebagai bagian dari tubuh kita, sejumlah hal tersebut tetap penting untuk diperhatikan dan dirawat. [RWP]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini