Tak Jadi Pimpinan DPR & Menteri, Ini Jabatan Baru Untuk Fadli Zon

Kamis, 24 Oktober 2019 16:14 Reporter : Merdeka
Tak Jadi Pimpinan DPR & Menteri, Ini Jabatan Baru Untuk Fadli Zon Fadli Zon. Instagram Fadli Zon

Merdeka.com - Fadli Zon tidak lagi menjadi Wakil Ketua DPR karena digantikan oleh rekan satu partainya Sufi Dasco Ahmad. Dia juga menolak untuk menjadi menteri di kabinet Jokowi.

Partai Gerindra rupanya telah memberikan tugas baru untuk Fadli Zon. Wakil Ketua Umum Gerindra ini diplot sebagai Badan Kerja Sama Antar Parlemen atau BKSAP di DPR. Fadli akan memimpin badan yang fokus pada hubungan luar negeri di DPR RI.

Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Prabowo menunjuk Ahmad Muzani yang juga Sekjen Gerindra sebagai Ketua Fraksi DPR.

"Kemarin sudah mendengar bahwa pimpinan fraksi Partai Gerindra sudah seperti yang sudah disampaikan oleh Prabowo yaitu ketuanya Pak Ahmad Muzani dan sekretarisnya Pak Desmond," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/10).

Gerindra juga sudah merampungkan alat kelengkapan dewan (AKD) DPR. Gerindra menunjuk Fadli Zon sebagai Ketua BKSAP dan Supratman Andi Agtas sebagai Ketua Badan Legislatif.

Sementara, jatah Wakil Ketua Komisi III diisi Desmond J Mahesa, Wakil Ketua Komisi V diisi Ahmad Riza Patria, Wakil Ketua Komisi IV Budi Djiwandono, Wakil Ketua Komisi VI diisi Mohamad Hekal, Wakil Ketua Komisi I Bambang Kristiono, Wakil Ketua Komisi VII Gus Irawan Pasaribu, dan Wakil Ketua Komisi VIII Laksamana Moekhlas Sidik.

1 dari 1 halaman

Apa Saja Tugas BKSAP?

Dikutip dari web DPR. Badan Kerja Sama Antar Parlemen atau BKSAP adalah Alat Kelengkapan Dewan untuk diplomasi parlemen. BKSAP mempunyai fungsi untuk membina, mengembangkan, dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara DPR dan parlemen negara lain, baik secara bilateral maupun multilateral, termasuk berbagai organisasi internasional yang menghimpun parlemen dan anggota parlemen.

BKSAP juga menyampaikan saran atau rekomendasi kepada Pimpinan DPR terkait masalah kerja sama antar-parlemen.

Selain kiprah di luar negeri, BKSAP menerima kunjungan delegasi parlemen negara sahabat yang menjadi tamu DPR dan menjadi tuan rumah penyelenggaraan sidang regional/ internasional. BKSAP juga membentuk panitia kerja untuk menindaklanjuti isu-isu yang menjadi perhatian BKSAP, terutama yang berkaitan dengan pencapaian Sustainable Development Goals dan peningkatan kerja sama ekonomi regional.

[did]
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini