PKS Desak Pimpinan DPR Bawa Usul Pansus Jiwasraya ke Paripurna

Kamis, 13 Februari 2020 16:45 Reporter : Ahda Bayhaqi
PKS Desak Pimpinan DPR Bawa Usul Pansus Jiwasraya ke Paripurna Jazuli Juwaini. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Fraksi DPR PKS, Jazuli Juwaini mendesak pimpinan DPR untuk segera membawa usulan panitia khusus (Pansus) hak angket kasus Jiwasraya. Dia meminta pimpinan DPR memproses usulan PKS dan Demokrat tersebut.

"Kami berupaya untuk terus agar pansus ini direspons. Kami berharap pimpinan DPR juga menghormati peraturan perundang-undangan bahwa selama itu sudah memenuhi syarat, ya harus diproses," ujar Jazuli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2).

Jazuli meminta pimpinan DPR tidak menjegal usulan Pansus angket Jiwasraya untuk sampai ke paripurna. Dia mengatakan, tidak masalah jika akhirnya diputuskan secara demokratis ditolak.

"Persoalan dalam mengambil keputusan nanti kalah voting ya di situ demokrasi. Jangan sebelum dibahas sudah dicegah. Kan kalau ada usul dibawa saja ke paripurna," tegasnya

Jazuli sendiri melihat realitas anggota fraksi yang mendukung Pansus lebih sedikit dibandingkan fraksi partai pemerintah yang mendukung hanya dibentuk panitia kerja (Panja).

"Tetapi paling tidak dan yang penting harus diproses dulu secara peraturan perundang-undangan. Jangan terkesan sebelum proses demokrasi sudah dijegal duluan itu tidak boleh," tegasnya.

1 dari 1 halaman

Usulan Pansus Sudah di Setjen DPR

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengatakan usulan Pansus itu tengah berada di Setjen DPR. Jazuli berharap bisa lolos dari proses administrasi dan dibawa ke paripurna

"Yang penting kami berharap ya namanya mekanisme di kesetjenan saya kira wajar. Tapi kami berharap ini tetap dibawa sampai ke paripurna," ucapnya. [eko]

Baca juga:
Panja Jiwasraya Komisi III akan Panggil Lagi Plh Jampidsus
Dapat Cerita Surya Paloh, Presiden PKS Sebut Jokowi Tolak Pansus Jiwasraya
Presiden PKS: Zulhas Janji Ikut Pansus Jiwasraya Jika Terpilih Ketum PAN
Panja Jiwasraya Komisi III DPR Rapat Tertutup dengan Kejagung
Jaksa Agung Sebut Akan Ada Tersangka Baru Kasus Jiwasraya
BP Tapera Diingatkan Tak Meniru Praktik Jiwasraya dan Asabri

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini