PKB Jatim siapkan 3 cawagub untuk Pakde Karwo di Pilgub 2013

Jumat, 14 September 2012 18:28 Reporter : Moch. Andriansyah
PKB Jatim siapkan 3 cawagub untuk Pakde Karwo di Pilgub 2013 Harlah DPP PKB ke-14. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur segera dihelat pada 29 Agustus 2013 mendatang. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur, diam-diam telah menyiapkan tiga nama untuk dipasangkan dengan calon incumbent, Soekarwo.

Diungkapkan Sekretaris DPW PKB Jatim Thoriqul Haq, tiga nama yang akan disandingkan dengan Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, adalah kader tulen Nahdlatul Ulama' (NU).

"Ketiga nama itu adalah Syaifullah Yusuf, Imam Nahrawi dan Abdul Halim Iskandar," ungkap dia.

Pencalonan tiga nama tersebut, lanjut dia, merupakan keinginan Pakde Karwo sendiri, yang saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur.

"Ini merupakan apresiasi dari keinginan Pakde Karwo yang ingin menggandeng kader NU, baik secara struktural maupun kultural," beber dia lagi.

Diakui Toriq, ketiga nama tersebut, memiliki kelebihan dan kekurangan. "Misalnya, Gus Ipul (Syaifullah Yusuf). Selama ini, beliau menjadi Wagub mendampingi Pakde Karwo dan hubungannya masih harmonis dan mampu menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya sehingga tidak overlaping dengan tugas serta kewenangan gubernur," terangnya.

Sedangkan Imam Nahrawi, masih menurut Toriq, juga tidak kalah dibanding Gus Ipul. Karena ke NU-annya, kapasitas Nahrawi tak diragukan lagi. "Bahkan dia juga berpengalaman baik di organisasi NU maupun dunia politik dan jabatan terakhirnya adalah sekjen DPP PKB."

Pun begitu dengan Abdul Halim Iskandar yang saat ini menjadi Ketua DPW PKB Jatim. Namun, diungkapkan Thoriq, pilihan terakhir, pihaknya tetap menyerahkan sepenuhnya kepada Pakde Karwo.

Dan indikasi kuat, yang akan mendampingi Pakde Karwo maju pada Pilgub 2013 adalah Imam Nahrawi. Sebab, di internal PKB sendiri, beredar gambar atau poster Soekarwo-Imam Nahrawi (Karim) dengan tagline 'Menuju Jawa Timur Lebih Baik, 2013-2018' yang disertai logo Pemprov Jatim dan backgroud Jembatan Suramadu. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Pilkada
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini