Mengintip Persiapan 7 Panelis Jelang Debat Capres Tahap Dua

Sabtu, 9 Februari 2019 22:04 Reporter : Hari Ariyanti
Mengintip Persiapan 7 Panelis Jelang Debat Capres Tahap Dua Ilustrasi Pemilu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Debat kedua pasangan capres-cawapres akan digelar pada pekan depan, Minggu (17/2). Saat ini tujuh orang panelis masih melakukan berbagai persiapan.

Dipastikan, dua hari sebelum debat atau H-2, berbagai persiapan rampung dilaksanakan. Demikian disampaikan Koordinator Panelis, Sudarto Prawoto Hadi, Sabtu (9/2).

Sudarto mengatakan para panelis sudah mendengarkan masukan dari NGO dan masyarakat tentang berbagai isu yang berkaitan dengan empat tema debat kedua yaitu energi, pangan, SDA dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Masukan ini dicatat dan dicermati oleh ketujuh panelis dan mengidentifikasi isu-isu berkaitan dengan tema tersebut.

"Kemudian dari empat tema itu masing-masing anggota bekerja mandiri mengelaborasi ke dalam bentuk pertanyaan dengan keahlian masing-masing, diteruskan tadi pagi jam 8 sampai 10.30. Kita diskusi kelompok rumusan dari masing-masing individu kita bisa rumuskan mana cross cutting-nya. Kita pertajam sore ini sebagaimana Pak Ketua (KPU) sampaikan di dalam debat kedua segmen 4 adalah video. Jadi siang ini kita menginventarisasi terkait empat tema itu kita tayangkan dengan narasi pertanyaan," jelasnya usai penandatanganan pakta integritas di Hotel Sari Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Semua persiapan ini, lanjutnya, ditargetkan rampung pada Jumat sore pekan depan. Sudarto berharap pada debat kedua nanti, pertanyaan para panelis bisa mewakili kepedulian seluruh masyarakat dari keempat tema itu.

"Insya Allah Jumat sore sudah finalisasi. Mungkin sampai besok pagi kita belum final. Mudah-mudahan dari besok pagi sampai hari Jumat itu kontemplasi apakah rumusan-rumusan pertanyaan lalu berkembang," jelasnya.

Awalnya jumlah panelis sebanyak 8 orang. Namun salah seorang panelis yaitu pakar hukum lingkungan Universitas Airlangga, Suprapto mengundurkan diri. Ketua KPU RI, Arief Budiman mengatakan mundurnya salah satu panelis tidak akan mereduksi esensi berbagai pertanyaan saat debat nanti.

"Enggak. Kan sudah terwakili semua. Jadi dari tema pangan, infrastruktur, energi, lingkungan hidup dan sumber daya alam itu sudah terwakili di 7 panelis itu. Jadi KPU tidak perlu menambah panelis lagi," jelasnya.

Terkait alasan Suprapto mengundurkan diri, Arief menyarankan ditanyakan langsung ke yang bersangkutan. "Pokoknya ketika kita konfirmasi bahwa kita mau ini (tanda tangan pakta integritas) terus beliau mengatakan bila diperkenankan saya akan mengundurkan diri. Ya terus kita terima. Ya kan enggak apa-apa orang mengundurkan diri, masa enggak diterima," kata dia.

Pihaknya tidak mengganti agar tetap genap 8 panelis karena alasan waktu yang mepet. Sebelum mengganti, KPU juga harus menginformasikan kepada tim masing-masing pasangan calon.

"Itu memang otoritas sepenuhnya KPU tapi kan saya harus memberitahu kepada 01, 02 biar mereka juga tahu dan mereka bisa memberi pendapat walaupun keputusannya tetap pada kita. Tapi teman-teman lihat 7 panelis ini disiplin ilmunya sudah bisa mewakili seluruh tema. Jadi kami lihat sudah cukup," jelasnya.

"Enggak (pengaruhi substansi). Semua kan ada yang ahli infrastruktur ada, pangan, energi, lingkungan hidup sama sumber daya alam semua sudah terwakili. Bahkan yang sebelumnya ahli tentang lingkungan hidup itu agak banyak. Nah yang kemarin mengundurkan diri itu juga ahli lingkungan hidup sebetulnya. Jadi lebih dari cukup bahkan untuk yang lingkungan hidup," sambungnya. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini