Ketua KPU kecewa PTUN kabulkan gugatan PKPI

Rabu, 11 April 2018 19:53 Reporter : Merdeka
Ketua KPU kecewa PTUN kabulkan gugatan PKPI Ketua KPU Arief Budiman. ©2017 Merdeka.com/Genan

Merdeka.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengaku kecewa dengan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang memenangkan gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebagai partai politik peserta pemilu 2019. Kekecewaan itu muncul karena KPU telah menghadirkan sejumlah fakta dan saksi pendukung selama persidangan.

"Sepanjang informasi yang kami terima, tentu KPU kecewa karena seluruh fakta kan sudah kita buktikan," kata Arief, di Gedung KPU Pusat, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (11/4).

"Kalau kamu mengikuti proses persidangannya, kamu akan tahu seperti apa yang dikerjakan KPU. Akan tahu yang sudah dan bagaimana KPU melaksanakan pekerjaannya," sambung Arief, memperlihatkan kekecewaannya.

Namun, meskipun mengaku kecewa, dia dan KPU tetap akan menghormati hukum.

"Seperti itulah adanya. Tapi kan KPU juga harus menghormati hukum," ujarnya.

KPU memilih menunggu salinan putusan sidang terlebih dahulu untuk menentukan sikapnya, yang dibahas dalam rapat pleno antar komisioner KPU.

"Jadi prinsip KPU menunggu dulu salinan putusannya. Amarnya seperti apa, nanti kita akan menentukan lah untuk menyikapi keputusan itu seperti apa," kata Arief.

Arief sendiri mengaku belum mengetahui isi amar putusan serta pertimbangan-pertimbangan yang menjadi dasar hakim memberikan keputusannya.

"Makanya saya juga kan tidak tahu. Bunyi putusannya. Kita juga enggak tahu tindak lanjutnya. Tiga hari setelah putusan atau tiga hari setelah salinannya kita pegang," ujarnya.

Di tempat yang sama, Komisioner KPU lainnya yakni Evi Novida Ginting mengatakan karena rapat pleno masih berlanjut pada malam hari ini, kemungkinan KPU baru akan memberikan pernyataan sikap terkait hasil putusan PTUN terhadap PKPI Rabu (11/4) besok.

"Ini masih lanjut pleno, tentu keputusannya malam ini ya, tapi karena sudah malam kami akan menyampaikan besok pagi ya," katanya.

Reporter: Yunizafira Putri
Sumber: Liputan6.com [dan]

Baca juga:
PTUN menangkan PKPI, KPU gelar rapat pleno
Golkar gembira PKPI jadi peserta pemilu, perkuat barisan pendukung Jokowi
Wapres JK ucapkan selamat ke PKPI lolos jadi peserta pemilu 2019
PKPI jadi peserta Pemilu 2019, Hendropriyono diarak kader
Ini pertimbangan PTUN loloskan PKPI sebagai peserta Pemilu 2019

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KPU
  3. PTUN
  4. PKPI
  5. Jakarta
  6. Arief Budiman
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini