Jokowi dan Prabowo Diharap Ambil Momentum Idul Fitri Untuk Gelar Pertemuan

Rabu, 5 Juni 2019 20:17 Reporter : Tim Merdeka
Jokowi dan Prabowo Diharap Ambil Momentum Idul Fitri Untuk Gelar Pertemuan jokowi prabowo. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah, dianggap momen tepat bagi capres petahana Joko Widodo (Jokowi) dan rivalnya, Prabowo Subianto, untuk bertemu. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai, momentum itu baik untuk kembali merajut komunikasi dan bersilaturahmi.

"Momentum yang sangat mahal ini seharusnya ya (Jokowi-Prabowo bertemu). Ini bagus sekali kalau terjadi pertemuan di suasana lebaran," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/6).

Dirinya optimistis pertemuan dua tokoh nasional ini akan terealisasi. Dia menyebut Jokowi-Prabowo tinggal menunggu momentum

"Secara norma hubungan sudah terbangun dengan baik. Tinggal momentumnya. Kalau utusan-utusan kita sudah berkomunikasi. Saya kira sudah ada sambung rasa. Tinggal tunggu waktunya," ucap mantan Panglima TNI itu.

2019 REUTERS/Willy Kurniawan

Di lokasi berbeda, Tenaga Ahli Kedeputian IV KSP, Ali Mochtar Ngabalin, meminta pertarungan panas dalam Pilpres 2019 seharusnya berakhir dalam momen Lebaran kali ini. Sehingga masyarakat menjadi teduh dan mencegah terjadinya rusuh.

"Pilpres selesai di 1 Syawal karena itu bersyukur kepada Tuhan bahwa Indonesia dianugerahi sekali kemudahan," ucap Ngabalin saat menghadiri Open House di kediaman Ketua DPR Bambang Soesatyo, Jalan Widya Chandra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Menurut mantan kader Partai Bulan Bintang (PBB) itu, Lebaran merupakan pintu gerbang bagi semua pihak untuk menjalin kembali silaturahim. Dengan sikap itu nantinya tidak akan ada lagi rasa saling bermusuhan.

"Karena tidak ada orang lagi yang bermusuhan, karena itu biarlah semua proses mekanisme hukum berjalan seraya kita memberikan dukungan penuh kepada Kepolisian, penegak hukum, kepada tentara, kepada pemerintah untuk semua sistem nilai berjalan dengan baik," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menyatakan tidak menutup kemungkinan pertemuan Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto terjadi setelah lebaran. Pertemuan itu saat ini sedang diatur.

"Pasti mungkin. Nanti lagi diusahakan. Karena kemarin kan beliau ke luar negeri," kata JK di rumah dinasnya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa kemarin.

Anak buah Moeldoko itu menjelaskan, pertemuan itu sedang dicari waktu yang tepat. Sedangkan Prabowo sendiri menyatakan akan menjalani proses konstitusional di Mahkamah Konstitusi. "Prabowo tentu ingin menjalankan proses konstitusional," kata JK.

Reporter: Yopi dan Liza
Sumber: Liputan6.com [ang]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini