Indeks Demokrasi Indonesia Turun, AHY Nilai Banyak Merasa Takut & Dibungkam Bersuara

Sabtu, 17 April 2021 18:02 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Indeks Demokrasi Indonesia Turun, AHY Nilai Banyak Merasa Takut & Dibungkam Bersuara Agus Harimurti Yudhoyono. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut, skor indeks demokrasi di Indonesia telah menurun secara signifikan. Dia melihat data tersebut dari lembaga The Economist Intelligence Unit.

Penurunan indeks demokrasi itu dijelaskan melalui sejumlah indikator yang mendasari demokrasi itu sehat atau tidak. Contohnya nilai dari proses pemilu dan pluralisme, fungsi dan kinerja pemerintah, partisipasi politik, budaya politik serta kebebasan sipil.

"Secara umum terjadi penurunan demokrasi di Indonesia, itu lah yang akhirnya Indonesia dianggap berada di angka terendah dalam 14 tahun terakhir dari aspek demokrasi," katanya pada webinar 'Membangun Integritas Generasi Penerus Bangsa: Menghadapi Dinamika Kehidupan Berpolitik', Sabtu (17/4).

Menurutnya ironi tingkat demokrasi Indonesia berada di bawah negara-negara tetangga. Seperti Malaysia, Filipina, dan Timor Leste

"Indonesia seharusnya menjadi contoh bagi negara demokrasi lainnya, paling tidak Asia Tenggara," terang AHY.

Namun, kata dia, apa yang terjadi di Indonesia menunjukkan adanya penurunan demokrasi. Dia melihat praktik-praktik tertentu yang telah melukai perasaan masyarakat terutama dalam mengekspresikan dirinya.

"Banyak yang merasa takut, merasa dibungkam bersuara, dan lain sebagainya," pungkasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini