Gibran dan Kaesang Masuk Bursa Cawalkot Solo, PDIP Ogah Gegabah Beri Dukungan

Minggu, 28 Juli 2019 08:31 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Gibran dan Kaesang Masuk Bursa Cawalkot Solo, PDIP Ogah Gegabah Beri Dukungan Gibran dan Kaesang. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Nama kedua Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep muncul dalam bursa calon wali kota Solo 2020 versi survei Unisri. Kendati begitu, PDIP tak ingin asal mendukung keduanya seperti mengusung Jokowi pada Pilkada Solo 2010 silam.

"Tunggu saat yang tepat. Sekarang orang masih melemparkan nama-nama sesuka selera," kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno kepada merdeka.com, Sabtu (28/7).

Menurut dia, nama-nama yang beredar belum tentu tertarik maju dalam bursa Pilwakot Solo 2020. "Nama-nama yang muncul juga belum tertarik atau berminat. Hati-hati dalam berspekulasi," imbuhnya.

Sebelumnya, berdasarkan hasil survei Lembaga Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Gibran dan Kaesang masuk dalam deretan tokoh populer di Kota Bengawan.

"Survei ini kami lakukan dengan menggunakan teknik cuplikan random sampling. Ada 96 titik lokasi dengan 8 responden di masing-masing titik. Total ada 766 responden yang kami uji sampel dengan margin eror 4 persen," ujar Ketua Laboratorium Kebijakan Unisri Solo, Suwardi, Kamis (26/7).

Suwardi menjelaskan, ada 3 kategori materi uji. Yakni popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Berdasarkan hasil uji popularitas, 90 diantaranya 766 responden mengenai Gibran. Sementara untuk Kaesang, 83 persen responden juga mengenal pengusaha pisang itu.

Selain 4 nama tersebut, beberapa nama lainnya juga muncul. Diantaranya Ketua Kadin Gareng S Haryanto, pengasuh Ponpes Al Quraniy Azzayadiy KH Abdul Karim (Gus Karim), Mantan Rektor UNS Ravik Karsidi, pengusaha Slamet Rahardjo, Ketua Tim Pemenangan Daerah Jokowi-Maruf Her Suprabu dan Akuntan Publik Rachmad Wahyudi.

Gerindra Nilai Gibran dan Kaesang Patut di Pertimbangkan jadi Cawalkot Solo

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono menyebut, dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep patut dipertimbangkan untuk Pilwakot Solo 2020. Menurutnya, keduanya punya potensi mengikuti jejak ayahnya.

"Dua putra Kangmas Joko Widodo masuk bursa calon wali kota Solo patut diperhitungkan sebab buah tak akan jauh dari pohonnya, artinya Gibran dan Kaesang mampu ya untuk memimpin kota Solo dan tidak beda jauh kemampuannya untuk sebagai pemimpin," kata Arief kepada wartawan, Sabtu (27/7).

Arief memandang, dua kakak beradik itu adalah pribadi yang mandiri, contohnya dalam bisnis. Jokowi, kata Arief, tak pernah jual pengaruh untuk kelangsungan bisnis Gibran dan Kaesang.

"Dan kalau kedua putranya salah satu bisa maju dipastikan akan terpilih dan kota Solo Juga semakin maju ya dan masyarakat kota akan lebih bahagia," ucapnya.

Dia yakin, Gibran atau Kaesang bisa memimpin kota Solo jauh lebih baik dari sekarang. Sebab, keduanya punya ambisi dan tanggung jawab moral untuk tetap menjaga kinerja sang ayah semasa menjadi walikota yang dikenal Surakarta tersebut.

"Dan tidak tertutup kemungkinan Kaesang dan Gibran punya kans besar sebagai pemimpin Indonesia masa depan nantinya," kata dia.

Meski demikian, bagi Arief, dua kakak beradik itu punya pilihan sendiri. Jokowi pun, kata dia, membebaskan anaknya bebas berkarir apa saja.

"Memang Kangmas Ini Orang Tua yang patut di contoh oleh para orang tua Indonesia dalam mendidik putra putrinya," pungkas Arief Poyuono. [gil]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini