Enam Panelis Telah Selesaikan Daftar Pertanyaan Debat Pertama Pilpres

Sabtu, 5 Januari 2019 19:48 Reporter : Merdeka
Enam Panelis Telah Selesaikan Daftar Pertanyaan Debat Pertama Pilpres Bivitri Susanti. ©2018 Merdeka.com/Genantan

Merdeka.com - Penyusunan daftar pertanyaan debat pertama Pilpres 2019 telah selesai dengan enam panelis. Daftar pertanyaan tersebut berdasarkan tema yang telah ditetapkan yaitu hak asasi manusia, hukum, terorisme dan korupsi.

Salah satu panelis, pengajar hukum tata negara dan hukum administrasi negara Bivitri Susanti mengaku tidak menghitung berapa jumlah daftar pertanyaan yang telah disusun.

"Saya enggak menghitung totalnya tapi banyak, yang penting ada empat isu itu masing-masing ada pertanyaan-pertanyaan beberapa," kata Bivitri di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1).

Dia menjelaskan bersama lima panelis lainnya hanya menyusun daftar pertanyaan yang nantinya akan diserahkan pula ke paslon.

Selanjutnya kata Bivitri, usai penyusunan ini akan dilakukan pertemuan lanjutan yang membahas mengenai persoalan teknis.

"Misalnya ketemu dengan moderator, untuk memberitahu konteks pertanyaan. Setelah itu KPU lah yang melaksanakannya secara teknis dan memberikan kepada paslon," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan pasangan capres dan cawapres akan diberikan daftar pertanyaan sebelum pelaksanaan debat pertama Pilpres 2019. Kedua pasangan capres dan cawapres menerima daftar pertanyaan seminggu sebelum debat.

"Kalau target kita sih tanggal 10 lah, seminggu sebelum pelaksanaan debat," kata Arief.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini