Bambang Widjojanto Batal Jadi Panelis Debat, TKN Nilai Demi Jaga Marwah KPU

Minggu, 6 Januari 2019 09:47 Reporter : Merdeka
Bambang Widjojanto Batal Jadi Panelis Debat, TKN Nilai Demi Jaga Marwah KPU Bambang Widjojanto hadiri konpers terkait status Hukum BANI. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto batal menjadi panelis dalam debat Pilpres 2019. Hal tersebut dinilai baik oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi- Ma'ruf Amin demi melindungi nama baik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ya sebenarnya muncul di masyarakat yang ingin jaga marwah KPU. Kami terima banyak surat termasuk dari sosmed, disampaikan bagaimana marwah KPU yang independen harus diproses, didukung panelis yang tidak partisan," tutur Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Hasto Kristianto di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/1).

Menurut Hasto, masyarakat cerdas menilai mana yang dapat menimbulkan polemik dan kontroversi dalam debat Pilpres 2019 nanti. Untuk itu, lewat rekam jejak Bambang Widjojanto yang berpotensi tidak netral, masyarakat meminta namanya dicoret dari daftar panelis.

"Masyarakat tahu dia jadi bagian kampanye dari banyak pilkada. Kemudian menjadi tim kampanye dari Pak Sandi dalam Pilkada DKI. Kemudian menjadi tim transisi," jelas dia.

Dengan keputusan tersebut, artinya ada energi positif dari masyarakat untuk membawa KPU sebagai penyelenggara pemilu yang independen dan mandiri.

"Karena itu seluruh proses debat dimulai dari panelisnya, moderatornya, itu harus bebas dari kepentingan politik partisan," katanya.

Reporter: Nanda Perdana
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini