Wakil Ketua Komisi VIII DPR 'Mendadak Jadi Guru' SMP di Tangerang Selatan

Senin, 25 November 2019 13:59 Reporter : Kirom
Wakil Ketua Komisi VIII DPR 'Mendadak Jadi Guru' SMP di Tangerang Selatan Wakil Ketua Komisi VIII DPR Tubagus Ace Hasan Syadzily mengajar di SMP Global Islamic School II Tang. ©2019 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - SMP Global Islamic School II di Serpong, Tangerang Selatan, kedatangan guru dadakan. Dia adalah Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily. Khusus hari ini, Senin (25/11), bertepatan peringatan hari guru, Ace mengajar teman-teman sekolah putranya.

Meski terbiasa mengajar mahasiswa, Ace yang juga dosen aktif perguruan tinggi di Tangerang Selatan ini merasakan perbedaan ketika harus menyampaikan pelajaran ke siswa SMP. Terlebih, putra keduanya Tubagus Pancar Cahaya Tajally, juga menyaksikan sang ayah mengajar.

"Sebenarnya saya mengajar ini sudah biasa, karena juga dosen. Tapi mengajar siswa SMP berbeda, apalagi disaksikan juga oleh putra saya," kata Ace.

Materi yang disampaikan tentang sistem Pemerintahan di Indonesia. Ace yang berada di ruang kelas 9 SMP GIS II Tangsel, juga berkesempatan menyampaikan materi sistem ketatanegaraan Indonesia.

Dia juga banyak bercerita, mengenai pengalamannya, duduk sebagai anggota lembaga tinggi negara DPR RI. Dia mengaku sangat senang bisa berbagi pengalaman dan cerita bersama puluhan siswa SMP.

"Mungkin materinya terlalu luas dan waktunya juga singkat hanya hari ini 90 menit, tapi saya merasa anak-anak SMP sekarang jauh lebih hebat dan banyak memperoleh pengetahuan," ucap dia.

1 dari 1 halaman

Dari DPR Hingga Pilot

Di tempat sama, guru Kelas 9 SMP GIS II Tangsel, Yulis Yasinta menerangkan, peringatan hari guru kali ini, disemarakkan dengan kegiatan parents teaching. Yakni, kesempatan para orang tua siswa berdiri di depan kelas sebagai guru kelas.

"Acara ini orang tua murid diminta untuk berbagi pengalaman kepada putera puterinya yang tidak didapatkan di bangku sekolah, para orang tua dichallenge menyampaikan pengalaman kepada para putrinya dan siswa lain. Ada berbagai profesi para orang tua yang ikut berpartisipasi seperti Anggota DPR RI, Pilot, penyiar dan lain sebagainya," ucap Yulis. [noe]

Baca juga:
Mengenang HOS Tjokroaminoto, Guru Para Pemimpin Pergerakan Kemerdekaan Indonesia
Ketua DPR Desak Pemerintah Angkat Guru Honorer Lulus PPPK
Jokowi: Guru Penggerak Indonesia Maju
Mendikbud Nadiem Makarim Pimpin Upacara HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional
Peringati Hari Guru, DJP Kenalkan Pajak kepada Mahasiswa dan Pelajar

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini