Usai Tewaskan Petani, Harimau Sumatera Terkam Seekor Kambing

Senin, 18 November 2019 23:01 Reporter : Irwanto
Usai Tewaskan Petani, Harimau Sumatera Terkam Seekor Kambing Harimau Sumatera di Kebun Binatang Australia. ©Taronga Zoo Sydney/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Setelah menewaskan petani, Kuswanto (58), harimau Sumatera kembali meneror warga. Seekor kambing milik warga ditemukan tewas diduga diterkam harimau.

Kambing milik Marlian, warga Desa Pulau Panas, Kecamatan Tanjung Sakti, Lahat, Sumatera Selatan. Bangkainya ditemukan warga di dalam kandang, Minggu (17/11) malam.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Lahat BKSDA Sumsel Martialis Puspito mengatakan, dari bentuk lukanya, kambing itu kemungkinan besar akibat diterkam harimau. Ada gigitan yang menjadi ciri dari serangan binatang buas itu.

"Dari bentuk luka gigitan, diduga kuat akibat diterkam harimau," katanya, Senin (18/11).

Menurutnya, jarak lokasi teror harimau dengan wilayah hutan lindung yang menjadi tempat hidup harimau, hanya berjarak 600 meter. Hal ini memungkinkan hewan dilindungi itu masih berkeliaran di sekitar pemukiman warga.

"Kami imbau warga lebih waspada, hindari konflik dengan harimau dan tidak melakukan perburuan karena melanggar hukum," imbaunya.

1 dari 1 halaman

Harimau Tewaskan Warga

Diberitakan sebelumnya, seorang petani, Kuswanto (58) tewas akibat diserang harimau saat berada di kebun kopi miliknya di Desa Pulau Panas, Kecamatan Tanjung Sakti, Lahat, Minggu (17/11).

Di hari yang sama, seekor babi hutan menyerang Ali Nurdin (53) dan istrinya Rohana (50), warga Pendopo, Empat Lawang, Sumsel. Korban Ali Nurdin tewas dengan banyak luka, seperti di tangan, dada, leher, hingga tangan kirinya nyaris putus.

Peristiwa itu terjadi saat kedua korban tengah memanen sawit di kebun milik saudaranya di Desa Padang Sumatera, Kecamatan Pendopo Barat, Empat Lawang, Minggu (17/11).

Sehari sebelumnya, wisatawan asal Sekayu, Musi Banyuasin, diserang harimau saat kemping di Gunung Dempo Pagaralam, Sabtu (16/11). Meski mengalami luka cakaran, korban berhasil diselamatkan rekan-rekannya. [fik]

Baca juga:
Petani Kopi di Lahat Tewas Diserang Macan Tutul
Lagi Kemping, Wisatawan Gunung Dempo Pagaralam Diserang Harimau
BBKSDA Riau Pasang Kamera Trap Cari Harimau Sumatera di Taman Nasional Zamrud
Harimau Sumatera Muncul di Area Pipa Minyak Taman Zamrud
Warga Ketakutan, Minta Pemerintah Tangkap Harimau Sumatera yang Tewaskan Pemuda
Harimau Mangsa Lembu Warga di Langkat

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini