Presiden Jokowi soal peringatan Sumpah Pemuda: Di tangan pemuda, Indonesia maju

Minggu, 28 Oktober 2018 08:04 Reporter : Supriatin
Presiden Jokowi soal peringatan Sumpah Pemuda: Di tangan pemuda, Indonesia maju Presiden Jokowi. ©2018 Merdeka.com/Titin

Merdeka.com - Hari ini, 28 Oktober 2018 tepat 90 tahun Sumpah Pemuda. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap seluruh pemuda di Tanah Air bergandengan tangan untuk menggerakkan Indonesia ke arah lebih baik.

"Kita utamanya pemuda harus bergandengan tangan bersatu untuk menggerakkan Indonesia sekarang atau yang akan datang. Di tangan pemuda, negara ini akan maju," kata Jokowi di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/10).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kemudian mengingatkan pesan persatuan yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

"Saya perlu mengingatkan mengenai Sumpah Pemuda apa itu. Bertumpah darah satu Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, berbahasa satu Indonesia. Itu yang selalu kami ingatkan," jelasnya.

Jokowi menambahkan, sumber daya pemuda harus betul-betul dioptimalkan untuk memenangkan berkompetisi di tingkat dunia. Dengan modal SDM yang bagus, Jokowi yakin Indonesia emas di 2045 akan terwujud.

"Saya optimis negara ini bisa berkompetisi ke depan memenangkan persaingan dengan catatan pembangunan SDM diberikan prioritas digarap maksimal. Sehingga, yang namanya bonus demografi 2030 betul-betul berdampak signifikan terhadap setiap gerak pemuda dalam rangka memajukan negara ini, bawa Indonesia maju," Jokowi memungkasi.

Sumpah Pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar yang pertama kali digaungkan pada 28 Oktober 1928 ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. [ray]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini