Pengurus Masjid Istiqlal gelar takbiran hingga tengah malam

Kamis, 14 Juni 2018 20:23 Reporter : Merdeka
Takbiran di Masjid Istiqlal. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Bagian Protokoler dan Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan, tidak ada persiapan khusus untuk kegiatan malam takbiran. Menurut dia, kegiatan digelar dengan pemukulan beduk secara simbolis yang menandakan dimulainya malam takbiran.

"Acaranya pukul beduk secara simbolis. Gak ada persiapan khusus, seperti tahun kemarin lah," ujar Hurairah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (14/6).

Setelah pemukulan beduk yang menandakan dimulainya malam takbiran, kata Hurairah, kegiatan akan dilanjutkan dengan sambutan dari Imam Besar Masjid Istiqlal atau yang mewakili Menteri Agama. Kemudian dilanjutkan dengan takbir yang akan digemakan hingga tengah malam nanti.

"Baru takbir dilanjutkan oleh imam dan muazin sampai pukul 11.00 WIB atau pukul 12.00 WIB," ucapnya.

Rangkaian kegiatan itu pun dilakukan setelah ada hasil dari sidang isbat di Kementerian Agama, setelah salat Isya.

"Jadi abis salat Isya kami menunggu. Kalau sudah ditentukan besok, berarti takbiran di Masjid Istiqlal yang dipimpin oleh Menteri Agama, kalau gak, masih tarawih lagi," imbuhnya.

Sidang Isbat memutuskan hari Idul Fitri jatuh pada besok, Jumat (15/6). Pukulan beduk pertama oleh Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin dan lantunan takbir pun mulai menggema di area Masjid Istiqlal.

Reporter: Yunizafira Putri [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini