Mobil Water Canon Brimob Hancur Diamuk Mahasiswa

Selasa, 24 September 2019 21:52 Reporter : Nur Habibie
Mobil Water Canon Brimob Hancur Diamuk Mahasiswa Mobil Water Canon Brimob Ancur Diamuk Mahasiswa. ©2019 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Aksi mahasiswa dari berbagai daerah di depan Gedung DPR mulai tak kondusif sekitar pukul 16.15 WIB. Mereka bersepakat menolak pengesahan RUU KUHP dan menolak Revisi UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pantauan merdeka.com, banyak sampah yang berserakan di jalan usai mahasiswa mulai meninggalkan depan Gedung DPR. Baik, di jalan arteri maupun jalan tol dalam kota. Sampah-sampah seperti botol dan gelas plastik, kayu, plastik, kertas dan juga batu berserakan.

Selain sampah, ada satu mobil water canon milik Brimob hancur usai diamuk massa. Mobil tersebut terlihat hancur kaca pada bagian depan mobil. Ban pada bagian mobil tersebut juga terlihat kempes. Mobil watercanon tersebut juga ditulisi oleh massa aksi dengan menggunakan pilox berwarna putih.

mobil water canon brimob ancur diamuk mahasiswa
©2019 Merdeka.com/Nur Habibie

Saat ini, mahasiswa yang terkonsentrasi di pertigaan Slipi, Jakarta Barat, terus melakukan perlawanan. Aparat kepolisian terus berupaya memukul mundur pendemo.

Situasi memanas dan para demonstran melemparkan batu ke arah barikade personel kepolisian yang menggunakan tameng dan mobil taktis water cannon.

Sebelumnya, pintu tol yang berada di depan Gedung DPR/MPR RI dan Kantor Badan Pemeriksa Keuangan RI juga diduga dibakar para demonstran pada Selasa sekitar pukul 20.30 WIB.

Kepolisian mengerahkan dua mobil taktis water cannon untuk memadamkan api, saat ini api masih menyala melalap bangunan pintu tol sudah bisa dikendalikan.

Sejumlah motor yang terparkir di depan pintu gerbang DPR yang berseberangan dengan BPK RI juga rusak akibat bentrok mahasiswa dan petugas.

Gabungan mahasiswa menggelar aksi demonstrasi sejak siang Selasa, mereka menyampaikan tuntutan soal penolakan RUU KUHP dan UU KPK dan RUU menyangkut agraria.

Ribuan mahasiswa berasal dari, Universitas Negeri Jakarta, Trisakti, Paramadina dan Universitas Kristen Indonesia, Universitas Lampung, perwakilan UGM, Cipayung plus, HMI, dan GMNI.

Selain itu, mahasiswa juga berasal dari Aliansi Mahasiswa Banten yakni dari, Universitas Banten Jaya, Universitas Tirta, Bina Bangsa dan beberapa perguruan tinggi lainnya di Banten. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Demo Mahasiswa
  3. Demo
  4. DPR
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini