Gempa 5,7 SR guncang Sarmi, 118 rumah rusak

Jumat, 15 Juni 2018 19:32 Reporter : Henny Rachma Sari
Gempa 5,7 SR guncang Sarmi, 118 rumah rusak Ilustrasi gempa. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Gempa tektonik dengan kekuatan 5,7 SR mengguncang wilayah Kabupaten Sarmi, Papua, Jumat (15/6) pukul 07.57. Tercatat 3 orang luka dan 118 rumah rusak. Terdiri dari, 86 unit rumah rusak berat dan 32 unit rusak ringan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan gempa dengan episenter terletak pada koordinat 1.93 LS dan 138.93 BT, atau tepatnya berlokasi di laut dekat pesisir pada jarak 67 km arah barat laut Sarmi, Provinsi Papua pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Pasifik di New Guinea Trench di sebelah utara Jayapura," ujar Sutopo dalam keterangannya.

Hasil analisis BMKG, lanjutnya, mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu oleh penyesaran miring yang merupakan kominasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust). Gempa tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, warga sekitar merasakan guncangan gempa selama 2-3 detik. Praktis, mereka langsung panik dan berhamburan ke luar rumah. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Gempa
  2. Gempa Papua
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini