Gandeng Bank & Perguruan Tinggi, Budi Waseso Tidak Ingin Petani Dibelenggu Tengkulak

Jumat, 21 Juni 2019 22:02 Reporter : Arie Sunaryo
Gandeng Bank & Perguruan Tinggi, Budi Waseso Tidak Ingin Petani Dibelenggu Tengkulak Bulog dan UNS panen padi di Solo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Perum Bulog dan Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan panen padi perdana di lahan belakang Rumah Sakit (RS) UNS, Desa Makamhaji, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jumat (21/6). Panen perdana dilakukan oleh Direktur Utama Bulog Komjen Pol (Purn) Budi Waseso dan Rektor UNS Jamal Wiwoho. Ikut mendampingi keduanya, Direktur Keuangan Bulog Ir Triyana, MBA, Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Bulog Imam Wibowo, Pimpinan BNI Pusat, pemimpin BNI wilayah Soloraya, Dekan Fakultas Pertanian UNS, Samanhudi serta ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian UNS, Mugiharjo.

Dekan Fakultas Pertanian UNS, Prof Dr Samanhudi mengatakan, pada kesempatan ini pihaknya melalui peran dari Ikatani melakukan panen perdana padi genjah varietas Trisakti. Padi tersebut dipanen pada umur 75 hari. Selain varietas Trisakti juga dipanen padi Logawa Mas yang berumur 110 hari di lahan seluas 2 hektare.

"Kami berharap kegiatan sinergisitas antara petani, perguruan tinggi dan Bulog ini menjadi hal strategis untuk peningkatan program pertanian. Khususnya sektor pangan dan peningkatan kesejahteraan petani," katanya.

Melalui kegiatan semacam ini, diharapkan UNS bisa semakin berperan dalam mengatasi permasalahan pangan di Indonesia.

Sementara itu, Budi Waseso menambahkan, padi genjah varietas Trisakti memiliki banyak kelebihan. Di antaranya nasinya pulen, waktu panen pendek dan tahan hama.

"Saya berharap ke depan tidak hanya bekerja sama dengan UNS, namun Bulog juga bisa bekerja sama dengan perguruan tinggi lain sehingga menghasilkan produk pertanian dengan kualitas yang bagus," ucapnya.

Budi menyampaikan, untuk pembiayaan petani, pihaknya menggandeng BNI. Sehingga ke depan petani tidak lagi terbelenggu dengan tengkulak.

"Saya berharap melalui program ini kesejahteraan petani bisa meningkat," pungkas Budi. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini