Dua Pelaku Curanmor di Ciamis Ditangkap, Salah Satunya Anak di Bawah Umur

Selasa, 1 Oktober 2019 00:45 Reporter : Mochammad Iqbal
Dua Pelaku Curanmor di Ciamis Ditangkap, Salah Satunya Anak di Bawah Umur Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Dua orang yang diduga pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) diamankan polisi setelah kepergok warga melakukan aksi di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Satu orang pelaku yang masih di bawah umur langsung ditangkap warga, sedangkan satu lainnya sempat berhasil melarikan diri.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Ciamis, AKP Risqi Akbar mengatakan pelaku yang saat itu berhasil ditangkap warga berinisial TH (15), sedangkan yang melarikan diri adalah AS (22). "Saat itu keduanya dipergoki warga saat tengah membobol kontak motor sehingga langsung diteriaki maling," ujarnya, Senin (30/9).

Warga yang mendengar teriakan langsung ikut mengejar pelaku dan berhasil menangkap TH, sedangkan AS saat itu diketahui kabur. Berdasarkan hasil pemeriksaan sendiri, TH diketahui memiliki tugas untuk mengamati situasi saat AS berusaha mencuri kendaraan.

"Untuk AS sendiri akhirnya bisa kami tangkap saat bersembunyi di area persawahan. Dia tertangkap oleh anggota yang tengah berpatroli. Saat ini keduanya sudah berada di Mapolres untuk diperiksa lebih lanjut. Sejumlah barang bukti kejahatan keduanya juga kita amankan," katanya.

Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso menyebut bahwa kedua pelaku pencurian kendaraan bermotor sudah ditetapkan sebagai tersangka. Berdasarkan pengakuan TH dan AS, keduanya telah tujuh kali melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor di wilayah Ciamis dan Tasikmalaya dalam kurun waktu satu tahun.

Sebelum melakukan aksi pencurian, lanjut Bismo, kedua pelaku mengaku sempat melakukan survei. Ketika mendapati motor di halaman rumah, pelaku pun langsung merusak kunci motornya.

"Motor hasil curiannya ini kemudian dimodifikasi menjadi becak motor. Becak motor itu dijual ke pemesan. Dijualnya di kisaran Rp800 ribu," ungkapnya.

Bismo menyebut bahwa satu tersangka yang ditangkap pihaknya merupakan residivis dalam kasus serupa. "Tersangka kita kenakan pasal 363 ayat 1 juncto 65 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Tersangka yang di bawah umur kita kenakan pasal yang sama, tapi penanganannya kita sesuaikan dengan undang undang perlindungan anak," katanya. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Pencurian
  2. Curanmor
  3. Garut
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini